Berita Tanahbumbu

Serdangan Jadi Kampung Pelangi dan Wisata Pemancingan, Kades Berharap ini

Pemerintah Desa Serdangan, Kecamatan Kusan Hilit terus berbenah menjadikan desa tersebut sebagai salah-satu lokasi alternatif kunjungan wisata lokal

Serdangan Jadi Kampung Pelangi dan Wisata Pemancingan, Kades Berharap ini
istimewa
Desa Serdangan, Kecamatan Kusan Hilir, Tanahbumbu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pemerintah Desa Serdangan, Kecamatan Kusan Hilit terus berbenah menjadikan desa tersebut sebagai salah-satu lokasi alternatif kunjungan wisata lokal sebagai penggerak perekonomian masyarakat lebih sejahtera.

Rencana pemerintah desa, selain menjadikan desa Serdangan kampung pelangi, wisata pemancingan ikan air tawar juga tengah dipersiapkan.

Hal itu dikemukakan Kepala Desa Serdangan, Andi Tanra melalui telepon genggamnya kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (12/11/2019).

Menurut Andi, rencana menjadikan Serdangan sebagai kampung pelangi dan objek wisata pemancingan ikan air tawar, merupakan lanjutan program yang sebelumnya sudah diwacanakan.

Maia Estianty Diantar Polisi, Ini Sebab Mantan Rekan Duet Mulan Jameela Itu Dapat Pengawalan

Patek Philippe Pecahkan Rekor, Jadi Arloji Termahal di Dunia, Terjual Seharga Rp 434 Miliar

Kabar Duka dari Yuni Shara & Krisdayanti, Ibu Aurel Hermansyah Ikut Kehilangan Sosok Ini

Syarat Khusus & Daftar Formasi CPNS Kemenag, Pendaftaran CPNS 2019 via sscasn.bkn.go.id (SSCN)

"Rencana ini sekaligus membuka pikiran masyarakat. Jadi tidak ada lagi nanti pelarangan memancing di sana. Kolam-kolam masyarakat bebas dipancing dengan catatan selesai memancing, hasil ikan pancingan dibayar dengan harga kampung," jelas Andi.

Otomatis dengan cara ini, menjadi objek wisata alternatif, Desa Serdangan akan lebih cepat berkembang, perekonomian masyarakat menjadi lebih baik ke arah kesejahteraan.

Akan tetapi, disadari Andi, konsep dari rencana pemerintah desa itu tidak semudah dibayangkan, tanpa ada campur tangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahbumbu melalui instansi terkait.

"Menjadi persoalan adalah infrastruktur jalan. Tidak bisa juga mengembangkan program bila tidak didukung dengan akses jalan," ujar Andi.

Sekarang ini pemerintah daerah perlahan mulai melakukan pembangunan, walau masih dalam keterbatasan anggaran, lantaran kegiatan terakomodir hanya melalui anggaran perubahan.

Di antaranya pengerjaan jembatan box (Boxculvert), siring beton, peningkatan dan pengerasan jalan.

"Tahun depan sudah ada pengawalan untuk pembangunan jalan Serdangan. Dan sangat didukung DPRD dari Komisi III. Apalagi rencana pemekaran kecamatan Kusan Hilir menjadi Kusan Tengah. Otomatis 13 desa yang ada akan cepat berkembang," pungkas Andi.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved