Tips Sehat

7 Jenis Minuman Bantu Kurangi Gejala Asam Lambung, Ada Air Putih dan Teh Herbal Hingga Susu

7 Jenis Minuman Bantu Kurangi Gejala Asam Lambung, Ada Air Putih dan Teh Herbal Hingga Susu

7 Jenis Minuman Bantu Kurangi Gejala Asam Lambung, Ada Air Putih dan Teh Herbal Hingga Susu
shutterstock
Jenis Minuman Bantu Kurangi Gejala Asam Lambung, satu diantaranya adalah air putih (ilustrasi). 

Sakit asam lambung tinggi sering sangat mengganggu, apalagi saat sedang bekerja, simak macam minuman yang membantu mengurangi gejalanya

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ada tujuh jenis minuman bantu kurangi gejala asam lambung, sehingga Anda bisa terbebas dari siksaan maaag dan sejenisnya.

Asam lambung memang penyakit menahun dan dialami sebagian orang terutama yang alami stress,. Nah, ternyata ada sejumlah jenis minuman yang membantu mengrangi gejala asam lambung.

Adapun jenis minuman yang membantu mengurangi gejala asam lambung ada tujuh, diantaranya air putih dan teh herbal.

Oleh karena itu, harus pandai-pandai memilih jenis minuman agar terhindar dari penyakit asam lambung.

9 Cara Mencegah Penyakit Asam Urat, Kiat Minum Teh Hingga Hindari Makanan Tinggi Purin

Inilah Daftar Jenis Minuman yang bisa mengurangi gejala asam lambung:

1. Air putih minuman bantu kurangi gejala asam lambung

Minuman membantu kurangi gejala asam lambung yang pertama adalah air putih, asalkan rutin minum tiap hari. Tetap perlu berhati-hati saat minum air putih. Kebanyakan pH air cenderung netral. Tak menutup kemungkinan air putih dapat meningkatkan kadar pH setiap makanan yang dikonsumsi. Dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks asam lambung.

2. Minuman kurangi gejala asam lambung lainnya adalah air kelapa

Ya, air kelapa menjadi salah satu minuman untuk mengurangi asam lambung yang baik dikonsumsi. Air kelapa mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Dengan demikian, kadar asam lambung menjadi lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko refluks asam lambung.

3. Konsumsi teh herbal

Merasa asam lambung sedang naik, teh herbal dapat membantu mengrangi asam lambung, Teh herbal dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. Tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi. Pilih teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah teh dari daun peppermint.

4. Susu rendah lemak atau susu skim

Susu sapi umumnya tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Sebab susu sapi mengandung tinggi lemak sehingga lebih sulit dicerna. Selain itu, kandungan lemak dalam susu sapi juga dapat melunakkan katup atau sfingter esofagus dan membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Pilihlah susu rendah lemak atau susu skim agar lebih mudah dicerna.

5. Minum susu nabati

Halaman
12
Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved