Berita Kabupaten Banjar

Air Mancur Berlian di Kompleks CBS Martapura 'Mati Suri', Begini Penjelasan PUPR Banjar

Air Mancur Berlian di kawasan pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) di Jalan A Yani, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan Kalsel), mangkrak.

Air Mancur Berlian di Kompleks CBS Martapura 'Mati Suri', Begini Penjelasan PUPR Banjar
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Irwan Jaya, Kabid Ciptakarya Dinas PUPR Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tak lama setelah diresmikan Bupati Banjar H Khalilurrahman awal 2019 lalu, Air Mancur Berlian di kawasan pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) di Jalan A Yani, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), terkesan mangkrak.

Sangat jarang air mancur yang dibangun dengan dana daerah sebesar Rp 1,6 miliar tersebut dioperasionalkan.

Padahal keberadaan fasilitas publik tersebut diharapkan menjadi hiburan bagi warga Kota Martapura sekaligus melengkapi keindahan area taman di depan pertokoan CBS.

Mengenai hal itu, Kepala Bidang Ciptakarya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Irwan Jaya, menerangkan tak maksimalnya operasional Air Mancur Berlian dikarenakan terkendala anggaran. 

KUSAM - Beginilah kondisi Air Mancur Berlian di kawasan CBS di Jalan A Yani, Martapura, yang mulai kusam dan kian jarang mancur.
KUSAM - Beginilah kondisi Air Mancur Berlian di kawasan CBS di Jalan A Yani, Martapura, yang mulai kusam dan kian jarang mancur. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ia mengatakan lumayan besar biaya yang diperlukan untuk mengoperasikan fasilitas publik tersebut. Tak kurang sebesar Rp 6 juta dana yang dibutuhkan untuk pengoperasiannya. Ini trermasuk untuk biaya keamanan, pemeliharaan, pembelian air dari PDAM, dan bahan bakar jenis solar untuk mesin generator atau genset.

Air Mancur Berlian di Martapura di Kompleks CBS Tak Seindah Berlian Lagi, Begini Penampakannya

Peluang Hanya 20 Persen, Aditya-Irwansyah Tetap Optimis Didukung Partai Gerindra Banjarbaru

BREAKING NEWS - Disenggol Truk Tronton, Siswi SMA di Kapuas Tewas, Ucapan Duka Mengalir di Medsos

Karena itu, kata Irwan, Air Mancur Berlian hanya dioperasionalkan pada waktu tertentu saja seperti Sabtu malam dan saat ada even tertentu sebagai penambah daya tarik. 

Pihaknya juga akan membenahi fisik Air Mancur Berlian tersebut agar lebih indah. "Mudah-mudahan pada anggaran murni APBD 2020 nanti bisa diakomodasi anggarannya," tandasnya, Kamis (14/11/2019).

Namun tentang berapa anggaran yang disiapkan, Irwan mengatakan tak bisa menyebutkan mengingat saat ini APBD 2020 masih dilakukan rasionalisasi menyusul terbitnya peraturan pemerintah terbaru. "Kami sekarang ada rasionalisasi anggaran untuk 2020 sehingga berpeluang besar dikurangi 25 persen," sebutnya.

KUSAMĀ - Beginilah kondisi Air Mancur Berlian di kawasan CBSMartapura di Jalan A Yani, Martapura, yang mulai kusam dan kian jarang mancur.
KUSAM - Beginilah kondisi Air Mancur Berlian di kawasan CBSMartapura di Jalan A Yani, Martapura, yang mulai kusam dan kian jarang mancur. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Lebih lanjut ia mengharapkan masyarakat membantu pemerintah menjaga keindahan dan kebersihan Air Mancur Berlian tersebut. Caranya sederhana, misalnya melarang anak-anak mandi atau bermain di area kolam air mancur itu.

Akibat tempat tersebut kadang menjadi ajang bermain anak-anak, dampaknya yakni berubahnya setelan pancuran air dan lainnya. Selain itu, air menjadi keruh dan kotor.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved