Berita Tabalong

Baznas Kalsel Gelar Tasmiyah dan Beri Bantuan di Tabalong, Sukses Tangani 28 Ibu Hamil

Program Ibu hamil sehat yang digagas oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan menuai keberhasilan

Baznas Kalsel Gelar Tasmiyah dan Beri Bantuan di Tabalong, Sukses Tangani 28 Ibu Hamil
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Baznas Kalsel Gelar Tasmiyah dan Beri Bantuan di Tabalong, Sukses Tangani 28 Ibu Hamil. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Program Ibu hamil sehat yang digagas oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan menuai keberhasilan. Dari 28 ibu hamil yang menerima bantuan sejak Maret 2019 kini sudah melahirkan anak yang sehat.

28 bayi lahir dengan sehat dan normal kembali mendapatkan bantuan dalam kegiatan Syukuran dan Tasmiyah bersama program ibu hamil sehat di Wisma Tamu Pendopo, kamis (14/11/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Baznas Provinsi Kalsel HG (P) Rusdi Effendi AR, Bupati Tabalong Anang Syajhfiani, Wakil Bupati Tabalong H Mawardi, pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong dan seluruh penerima bantuan program ibu hamil sehat.

Proses tasmiyah yang mengharukan saat pembacaan ayat suci Alquran dan dilanjutkan dengan memberikan nama dan mentaknik. Lima anak yang mewakili proses tasmiyah juga melalui proses pemotongan rambut.

BREAKING NEWS - Disenggol Truk Tronton, Siswi SMA di Kapuas Tewas, Ucapan Duka Mengalir di Medsos

BERLANGSUNG Link Indosiar! Live Streaming TV Online Persebaya vs PSM Liga 1 2019 di Vidio.com

Sebelum Meninggal Dunia, Peramal Ini Ingatkan Raffi Ahmad, Suami Nagita, Dulu Heboh Ramalkan Olga

Ketua Baznas Tabalong H Mardani mengatakan pemberian makanan bergizi kepada ibu saat tengah hamil terbukti menjadikan anak lahir dengan sehat. "Bantuan program ibu hamil diberikan kepada warga di Kecamatan Tanjung, Murung Pudak dan Tanta, setiap dua minggu sekali kami menggelar pertemuan dan memberikan bantuan makanan langsung dan bantuan lain," ujarnya.

Dari 28 ibu hamil yang mendapatkan bantuan melahirkan 13 anak laki laki dan 15 anak perempuan. Dirinya berharap program ini hisa terus berlanjut.

Baznas Tabalong sendiri juga terus berupaya untuk melakukan sosialisasi pembayaran zakat baik sakat fitrah maupun zakat profesi yang saat ini tengah terus digencarkan. "Seluruh ASN kami harap bisa membayarkan zakat profesi melalui Baznas," ujarnya.

Ketua Baznas Provinsi H Gusti Pangeran Rusdi Effendi ARmengatakan program ini baru dijalankan di Kalimantan Selatan. Program ibu hamil sehat Tujuannya untuk pengentasan kemiskinan serta meningkatkan kesehatan ibu dan anak pada masa kehamilan, satu orang ibu mendapatkan Rp 5 juta yang disalurkan dalam bentuk makanan.

H Rusdi Effendi yang juga merupakan ketua dewan masjid Kalsel menambahkan program Baznas juga akan dilanjutkan dengan membantu tambahan makanan untuk anak gizi kurang. Ini sebagai salahsatu upaya untuk mengurangi kasus stunting yang tengah menjadi program nasional. Baznas juga meningkatkan program nikah massal yang tahun ini diberikan kepada 50 pasangan dan tahun depan akan ditambah menjadi 100 pasangan.

“Pengumpulan zakat melalui Baznas di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan juga terus meningkat, dari target Rp 9 miliar saat ini telah terkumpul Rp 8.9 miliar dan diperkirakan hingga akhir Desember nanti bisa mencapai Rp 10 miliar,” ujarnya.

Terpisah Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan penerapan program ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah, program penurunan angka kematian ibu dan anak juga terus ditekan melalui berbagai program kesehatan.

Saat ini Pemerintah Daerah juga mendukung untuk program pembayaran zakat profesi untuk seluruh ASN. “Akan terus dilakukan sosialisasi karena kurangnya jumlah ASN yang membayarkan zakat profesi sebagian karena masih ada yang belum mengetahui,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dibagiakan bantuan bahan makanan bergizi dan akta kelahiran kepada seluruh penerima program ibu hamil sehat.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved