Berita Banjar

KalselPedia : Ini Sektor perikanan di Kabupaten Banjar, Juga Ada Industri Pengolahan Ikan

Sektor perikanan darat, Kabupaten Banjar beberapa potensi budidaya ikan antara lain Budidaya Perikanan Kolam dengan luas sekitar 791,4 Ha

KalselPedia : Ini Sektor perikanan di Kabupaten Banjar,  Juga Ada Industri Pengolahan Ikan
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Budidaya ikan menggunakan keramba jala apung di sepanjang sungai Riamkanan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sektor perikanan darat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan memiliki beberapa potensi budidaya ikan antara lain Budidaya Perikanan Kolam dengan luas sekitar 791,4 Ha jumlah produksi 25.092, 23 ton/ tahun.

Budidaya Perikanan Jaring Apung yang 1.125 unit total produksi 6.542,55 ton/tahun. Budidaya Perikanan Karamba dengan jumlah 2.259 unit dengan  produksi 7.952, 97 ton/tahun.

Budidaya Kolam dengan luas sekitar 791,4 Ha yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan seperti Aluh-Aluh, Beruntung Baru, Gambut, Kertak Hanyar, Tatah Makmur dan lainnya. Dengan jenis ikan yang dipelihara antara lain nila, patin serta bawal air tawar dengan jumlah produksi 25.092, 23 ton/tahun.

Budidaya Jaring Apung yang terdapat di wilayah kecamatan Karang Intan dan Aranio berjumlah 1.125 unit berupa ikan mas dan nila dengan total produksi 6.542,55 ton/tahun.

Kuota Habis, 300 Rumah Subsidi di Kalsel Belum Bisa Akad Kredit dengan Perbankan

Hobi Burung Berkicau, Polisi Tapin ini Punya Burung Andalan yang Selalu Menang Saat Lomba

Adegan Mesra Ayu Ting Ting & Robby Purba Tertangkap Kamera, Sohib Roy Kiyoshi Usap-usap Bagian Ini

Anggaran Pilgub Kalteng Capai Rp 382,2 Miliar, Pemprov Kalteng Bentuk Desk Pilkada

Budidaya Karamba yang tersebar di wilayah kecamatan Sungai Tabuk, Martapura, Martapura Timur, Astambul dan Karang Intan yang secara keseluruhan berjumlah sekitar 2.259 unit. Dengan jenis ikan berupa nila dan ikan mas dengan jumlah produksi 7.952, 97 ton/tahun.

Disamping hasil tangkapan juga ada beberapa hasil pengolahan dari ikan yang bisa dijadikan lapangan usaha bagi masyarakat seperti :

Kerupuk ikan yang terdapat di daerah Kampung Melayu (Martapura) dengan hasil yang didapatkan sekitar 71,4 kg/tahun.

Fatimah Warga di Desa Melayu sehari-hari mengolah kerupuk ikan haruan yang bahannya benar-benar murni ikan haruan.
Fatimah Warga di Desa Melayu sehari-hari mengolah kerupuk ikan haruan yang bahannya benar-benar murni ikan haruan. (banjarmasinpost.co.id/hari widodo)

Abon ikan di daerah kecamatan Kertak Hanyar sekitar 10,2 kg/tahun.Amplang ikan terdapat di daerah Sungai Sipai dan Sekumpul (Martapura) sekitar 18 kg/tahun.

Ikan asin di wilayah kecamatan Martapura Barat, Aluh-Aluh dan Kertak Hanyar.Terasi udang terdapat di daerah Bakambat kecamatan Aluh-Aluh dengan hasil sebesar 2,7 kg/tahun.

Tangkap Pencuri Mobil dan Penadah, Polsek Tamban Amankan Mobil Toyota Avanza

Dukung Program Kampung Iklim di Barito Timur, PT Adaro Indonesia Berikan Bibit Tanaman Buah-buahan

Menang 3-2 Atas Persebaya U-18, Ini Pencetak Gol Dari Barito Putera U-18 Termasuk Bagus Kahfi

Kawasan minapolitan cindai alus. SK Bupati Banjar No.241 Tahun 2008 tentang Penetapan Kawasan Perikanan Budidaya / MinapolitanKeputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No. KEP.32/MEN/2010 tentang Penetapan Kawasan MinapolitanLuas Kawasan 6.406 ha, potensi kolam 1.295 ha, fungsional 497 ha, meliputi 6 Desa di Kecamatan Martapura (Sungai Sipai, Tungkaran, Cindai Alus) dan Martapura Barat (Sungai Batang, Sungai Rangas Hambuku, Penggalaman).

Komoditas Utama Ikan Patin dan Nila dengan produksi 30 – 40 ton/hariKawasan Minapolitan Cindai Alus merupakan salah satu dari 10 Lokasi Model “Pengembangan Industrialisasi Perikanan Budidaya”, dan mendapatkan Reward dari Menteri KKP atas Pencapaian Kinerja Tinggi Atas Penyiapan Kawasan Industrialisasi Patin di Kabupaten Banjar Tahun 2012. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved