Berita Tabalong

Kembangkan Lada di Salikung, Pemkab Tabalong Tingkatkan Kualitas dan Akses Jalan

Desa Salikung memiliki tanah yang subur dan cocok untuk penanaman lada, meskipun berada di desa terpencil namun hasil buah buahan, sayuran melimpah.

Kembangkan Lada di Salikung, Pemkab Tabalong Tingkatkan Kualitas  dan Akses Jalan
istimewa
Desa Salikung memiliki tanah yang subur dan cocok untuk penanaman lada. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNGDesa Salikung Kecamatan Muara Uya memang termasuk desa terpencil, karena letaknya yang cukup jauh dari pemukiman desa tetangga dan infrastruktur jalan yang masih berupa tanah.

Namun saat ini Pemerintah Daerah tengah melakukan peningkatan kualitas jalan untuk menuju Desa Salikung.

Desa Salikung memiliki tanah yang subur dan cocok untuk penanaman lada, tak heran meskipun berada di desa terpencil namun hasil buah buahan, sayuran dan lada sangat melimpah.

Haryadi Anggota DPRD Tabalong yang sebelumnya menjadi penyuluh pertanian di wiliyah tersebut mengatakan potensi untuk mengembangkan lada di Salikung sangatlah besar.

Butuh Waktu 4 Hari Larutkan Lanting ke Banjarmasin, Ini Suka Duka Petualangan Pedagang Bambu HSS

Ratusan Juragan Truk Hadiri Truck Campaign 2019, Colt Diesel Jadi Market Leader di Kalsel

Lada tumbuh subur dan menghasilkan buah yang banyak dengan pengelolaan yang tepat dari petani. Dengan demikian dirinya berharap perkebunan lada bisa semakin meningkat baik dari luasan penanaman lada dan luasnya distribusi hasil.

“Warga juga bisa mengolah lada hingga menjadi lada siap pakai, dan saat ini yang perlu dikembangkan adalah penangkaran bibit lada yang selama ini terbatas dari pembibitan warga dan juga bantuan dari PT Adaro Indonesia,” ungkapnya. Pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada warga untuk membuka lahan tidak dilakukan dengan cara membakar yang juga merusak kandungan dalam tanah.

Terpisah Abdul Muthalib salahsatu warga Desa Salikung mengatakan peningkatan bidang pertanian sangat diharapkan warga Desa Salikung. Terlebih saat ini mulai banyak pedagang yang bisa masuk ke Desa Salikung dengan diperbaikinya infrastruktur.

Tokoh Dayak, Bugis dan Ketua Dewan Sambangi Polda Kalsel Sepakat Jaga Kedamaian

Bidan Desa di HST Tak Bisa Seenaknya Tinggalkan Wilayah Kerja, Izin ke Orang Ini Dulu

Dengan demikian para petani perlu meningkatkan pendapatan mereka yang salahsatunya adalah dengan mengembangkan bidang pertanian.

“Jaringan listrik juga saat ini tengah diupayakan untuk ke Desa Salikung, namun jika pertanian tidak berkembang warga juga akan kesulitan untuk pembayaran listrik, karenanya pertanian sangat penting bagi warga,” ujarnya. Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved