Berita Kabupaten Banjar

Pejabat Kemendikbud Sebut Penguatan Kebangsaan di Martapura Istimewa, Begini Alasannya

Kegiatan Penguatan Nilai Kebangsaan (Pena Bangsa) yang digelar di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), dinilai memiliki keistimewaan

Pejabat Kemendikbud Sebut Penguatan Kebangsaan di Martapura Istimewa, Begini Alasannya
banjarmasinpost.co.id/idda royani
SEMANGAT - Kalangan santri_pelajar Ponpes Darussalam dan mahasiswa IAI Darussalam semengat mengikuti kegiatan Pena Bangsa di aula di lingkungan kampus IAI Darussalam, Kamis (14_11). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kegiatan Penguatan Nilai Kebangsaan (Pena Bangsa) yang digelar di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), dinilai memiliki keistimewaan tersendiri.

Hal itu diutarakan Kasi Sumber Sejarah Direktorat Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Tirmidzi, saat menyampakan sambutan pada acara pembukaan Pena Bangsa yang bertempat di lingkungan kampus Institut Agama Islam (IAI) Darussalam, Martapura, Kamis (14/11/2019) siang.

"Pena Bangsa kami gelar di lima daerah di Indonesia dan penyelenggaraan di Kota Martapura ini adalah yang kelima atau pamungkasnya," sebutnya.

Peserta Pena Bangsa mencermati dokumen  sejarah di lokasi pameran Kesejarahan, Kamis (14_11).
Peserta Pena Bangsa mencermati dokumen sejarah di lokasi pameran Kesejarahan, Kamis (14_11). (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ia mengutarakan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Pena Bangsa di Martapura yang begitu tinggi animo pesertanya. Apalagi pelaksanaannya bekerjasama dengan pondok pesantren ternama di Martapura yakni Ponpes Darussalam.

Ratusan Mahasiswa ULM Kuliah Umum Digital Leadership, 24 Peserta Terbaik IndonesiaNEXT ke Jakarta

Bagren Polres HSU Laksanakan Supervisi ke Polsek Jajaran, ini Tujuannya

Pena Bangsa di Martapura bekerjasama antara Kemendikbub, Ponpes Darussalam, dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan akan berakhir pada Sabtu (16/11/2019).

Tema kegiatan yaitu Pesantren dan Nilai Kebangsaan: Merawat Ingatan Sejarah untuk Memperkokoh ke-Indonesiaan. Kalangan santri, pelajar, serta mahasiswa diharapkan bisa mendapatkan wawasan kebangsaan, wawasan sejarah Kalimantan Selatan yang berdiri dengan bantuan para ulama, serta merawat ingatan mengenai sejarah itu seraya memperkokoh bangsa.

Tirmidzi mengatakan Pena Bangsa cukup penting dilaksanakan guna memperkuat dan menumbuhkan kesadaran kebangsaan sertan memperkokoh persatuan bangsa. "Kegiatan ini menjadi modal dan model kebangsaan," tegasnya.

Pada acara pembukaan Pena Bangsa tersebut hadir Ketua Umum Yayasan Darussalam H Muhammad Husin, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam yang diwakili oleh KH Fadlan Asyari, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Kalimantan Selatan Syamsir Rahman.

SEMANGAT - Kalangan santri_pelajar Ponpes Darussalam dan mahasiswa IAI Darussalam semengat mengikuti kegiatan Pena Bangsa di aula di lingkungan kampus IAI Darussalam, Kamis (14/11).
SEMANGAT - Kalangan santri_pelajar Ponpes Darussalam dan mahasiswa IAI Darussalam semengat mengikuti kegiatan Pena Bangsa di aula di lingkungan kampus IAI Darussalam, Kamis (14/11). (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Para santri Pondok Pesantren Darussalam, pelajar sekolah Darussalam, mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Darussalam antusias mendengarkan paparan para narasumber.

Keretakan Hubungan Barbie Kumalasari & Galih Dibahas Hotman Paris, Teman Kriss Hatta Ngaku Ini

Tingkatkan Wawasan, Kepala Madrasah di Kapuas Ikuti Diklat Teknis Substantif

Ketua Umum Yayasan Darussalam HM Husin mengungkapkan rasa syukur atas kegiatan Pena Bangsa. Terutama pameran sejarah yang juga mengisahkan tentang Syeik M.Arsyad Al-Banjary. "Nilai-nilai sejarah dipamerkan. Anak-anakku sekalian setelah ini bisa melihat tulisan tangan Alquran dan kitab keagamaan dengan Bahasa Arab Melayu," sebutnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved