Suara Pembaca

Semakin Banyak Pasien Cuci Darah, Lakukan Penelitian Bahan Baku Air PDAM

Semakin banyak pasien cuci darah di Rumah Sakit Umum Ulin Banjarmasin, Perlpenelitian mengenai bahan baku air yang dijadikan air bersih oleh pihak PDA

Semakin Banyak Pasien Cuci Darah, Lakukan Penelitian Bahan Baku Air PDAM
Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti
Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan pihak yang terkait. Melihat selama ini semakin banyak pasien cuci darah di Rumah Sakit Umum Ulin Banjarmasin, alangkahnya baiknya dianggarkan penelitian mengenai bahan baku air yang dijadikan air bersih oleh pihak PDAM.

Sehingga dapat diketahui semakin banyaknya pasien cuci darah apakah disebabkan oleh air yang diminum karena mengandung kadar zat tertentu yang tidak harusnya dikonsumsi atau karena pola hidup masyarakat itu sendiri. 082153069624

 TANGGAPAN:
TERIMA kasih atas saran atau pengaduan yang disampaikan. Selama ini PDAM bekerja sama dengan Laboratorium Kesehatan Kota Banjarmasin sudah melakukan pengujian terhadap air PDAM dan yang diuji adalah mikrobiologi parameter coliform, coli tinja ini arahnya ke penyakit pencernaan, untuk fisika yang terdiri suhu, ph, kekeruhan, TDS, warna, bau sudah memenuhi standar Permenkes 492/2010 tentang kualitas air minum.

Sedangkan penyakit gagal ginjal yang dilakukan cuci darah tersebut arahnya ke pola hidup, yaitu penyakit Hipertensi dan penyakit Diabetis Mellitus (DM). Demikian jawaban yang bisa disampaikan, kritik dan saran yang bersifat membangun dalam memberikan pelayanan masyarakat sangat diharapkan.

DR MACHLI RIYADI SH MH
Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved