Berita Tanahlaut

Terungkap, Masih Ada Laporan Keuangan Bermasalah, KPPN Pelaihari Gelar FGD

Terungkap, Masih Ada Laporan Keuangan Bermasalah, KPPN Pelaihari Gelar FGD

Terungkap, Masih Ada Laporan Keuangan Bermasalah, KPPN Pelaihari Gelar FGD
kppn pelaihari
KPPN Pelaihari menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Selasa (12/11/2019) terkait penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (LK-UAKPA) Satker. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Upaya peningkatan kualitas laporan keuangan, telah diterbitkan PMK nomor 17/PMK.09/2019 tentang pedoman penerapan, penilaian dan review pengendalian intern atas pelaporan keuangan pemerintah pusat sebagai pedoman dalam implementasi Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK), pada setiap satuan kerja di masing-masing kementerian atau lembaga.

Sementara untuk penyusunan laporan keuangan kementerian atau lembaga semester saty tahun 2019 masih terdapat beberapa permasalahan yang muncul dan perlu segera diselesaikan.

Selain itu masih terdapat pula perbaikan yang perlu segera ditindaklanjuti oleh masing-masing kementerian atau lembaga untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan tahunan yang akan disusun setelah semester dua tahun 2019 berakhir.

KPPN Pelaihari menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Selasa (12/11/2019) terkait penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (LK-UAKPA) Satker. Kali itu yang diundang adalah perwakilan pengelola keuangan dan diutamakan petugas penyusun laporan keuangan dan pengelola BMN Satker. 

Penyebab Kebakaran di Beramban Raya Pelaihari Diduga Akibat Arus Pendek Listrik

9 Cara Mencegah Penyakit Asam Urat, Kiat Minum Teh Hingga Hindari Makanan Tinggi Purin

Pilkada Banjarmasin 2020, Ingin Ulang Kesuksesan, Calon Petahana Ibnu Sina Daftar ke Gerindra

FGD bertempat di ruang aula lantai dua KPPN Pelaihari dan dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu pagi dan siang. Pagi hari dengan peserta dari Satker non Kementerian Agama, sedangkan siang hari untuk peserta lingkup Kementerian Agama Kabupaten Tanahlaut.

Narasumber pada acara tersebut yaitu Kepala Seksi Verifikasi, Akuntansi dan Kepatuhan Internal (VeraKI) Joko Prastiyo dan Sri Agustina.

Pada kesempatan itu Ahmad Hifni, selaku Treasury Management Representative (TMR) juga menyampaikan materi mengenai update aplikasi gaji untuk mengakomodir perubahan potongan tariff BPJS, serta informasi mengenai pagu minus pada satuan kerja di wilayah kerja KPPN Pelaihari.

Pagu minus ini harus terus dipantau khususnya menjelang akhir tahun untuk mengantisipasi tidak terselesaikannya atau malah bertambahnya akun-akun yang mengalami pagu minus pada masing-masing satuan kerja.

Sampai dengan tanggal 11 November 2019 berdasarkan monitoring data dari aplikasi Online Monitoring SPAN (OMSPAN) menunjukkan masih terdapat beberapa satuan kerja yang mengalami pagu minus pada akun belanja pegawai.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini terang Kepala KPPN Pelaihari, Woro Triwening Renggani diharapkan dapat menjadi sarana mengidentifikasi masalah yang mungkin timbul dalam rangka penyusunan LK-UAKPA, meminimalisir kemungkinan terjadinya pagu minus pada masing-masing satuan kerja, serta mengupayakan solusi terbaik yang memungkinkan dilaksanakan dalam menyelesaikan masalah tersebut, sebelum berakhirnya tahun anggaran 2019.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas doa dan dukungan dari seluruh mitra kerja sehingga atas ijin Allah SWT KPPN Pelaihari berhasil meraih predikat sebagai peringkat pertama lomba kantor pelayanan terbaik Kementerian Keuangan Lingkup Ditjen Perbendaharaan Tahun 2019 ini.

"Semoga dengan penghargaan tersebut dapat memotivasi seluruh pegawai KPPN Pelaihari untuk selalu berusaha memberikan layanan terbaik kepada seluruh stakeholder. Dan diharapkan agar prestasi ini dapat menginspirasi unit kerja yang lain untuk turut memberikan karya terbaik di bidang masing-masing. Meskipun berada di pelosok daerah namun bukan menjadi hambatan untuk selalu memberikan yang terbaik," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved