Berita Banjarmasin

Tim Verifikasi DAK Kunjungi Perpustakaan Palnam, Pastikan Layanan Disabilitas Segera Dibangun

Tim verifikasi DAK Subbidang Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI melakukan kunjungan lapangan di Perpustakaan Daerah Palnam Kalsel

Tim Verifikasi DAK Kunjungi Perpustakaan Palnam, Pastikan Layanan Disabilitas Segera Dibangun
istimewa
Tim verifikasi DAK Subbidang Perpustakaan, Perpustakaan Nasional kunjungan lapangan di Perpustakaan Palnam Provinsi 

BANJARMASINPOST CO.ID, BANJARMASIN - Tim verifikasi DAK Subbidang Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI melakukan kunjungan lapangan di Perpustakaan Daerah Palnam Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bagian Perencanaan Perpusnas Dr Adin Bondar yang didampingi oleh Rezha Pranatama MSc sebagai Kepala Subdit Pemuda Olah Raga, Perpustakaan dan Arsip Kemendagri, menjelaskan, verifikasi lapangan ini untuk memastikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan siap untuk dilakukannya perluasan gedung layanan disabilitas di Perpustakaan Daerah Palnam Provinsi Kalimantan Selatan.

Dijelaskan Adin, bahwa upaya pengembangan layanan disabilitas didasari pada amanat UU No. 43/2007 tentang Perpustakaan, pasal (5) bahwa masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan, baik di daerah terpencil, terisolasi, atau terbelakang sebagai akibat faktor geografis juga masyarakat memiliki cacat dan/atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial.

Perluasan layanan disabilitasi akan didanai oleh pemerintah pusat melalui DAK Fisik Subbidang Perpustakaan tahun 2020.

Ketakutan Karyawan Ayah Betrand Peto Jadi Tumbal Pesugihan Ruben Onsu, Sohib Ayu Ting Ting Bereaksi

Tol Cipali Kembali Minta Korban, 7 Tewas Saat Bus Sinar Jaya vs Arimbi Tabrakan, Simak Kronologisnya

Fakta Baru Video Syur Gisella Anastasia Diungkap Eks Gading Marten, Bukan Cuma Soal Tahilalat!

LINK Live Streaming & Jadwal Hong Kong Open 2019, Kamis (14/11), Marcus/Kevin via YouTube BWF UseeTV

Modernisasi layanan ini sekaligus memperlengkapi konsep layanan yang telah dikembangkan oleh Dispursip Provinsi Kalimantan Selatan yaitu hadirinya layanan perpustakaan modern baik layanan anak Kids Library maupun layanan umum untuk menunjang transformasi layanan berbasis inklusi sosial dalam mendorong penguatan budaya literasi masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan melalui budaya gemar membaca.

Kepala Dispersip Provinsi Kalsel Hj Nurliani Dardie menyambut baik perluasan layanan disabilitas hal ini akan mendukung perpustakaan berbasis inklusi sehingga pencapaian pembangunan Kalimantan Selatan sebagaimana dalam visi dan misi Mapan (Mandiri dan Terdepan) Lebih Sejahtera, Berkeadilan Berdikari, dan Berdaya Saing segera terwujud.

"Disadari atau tidak kehadiran perpustakaan amat sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," ujarnya.

Sebab Atta Halilintar Dituduh Penistaan Agama, Sohib Keluarga Ashanty & Anang Curhat Hal Ini

Putri Wapres Makruf Amin Mundur Dari PNS dan Maju Jadi Calon Wali Kota Tangsel, Simak Ini Alasannya

Penerimaan CPNS 2019, BIN Cari 200 Lulusan SMA, Kementerian Hukum Perlu 3.532 Orang

Sebab, melalui kehadiran perpustakaan masyarakat akan memiliki akses ke informasi dan ilmu pengetahuan sehingga melalui budaya baca masyarakat akan berpengetahuan, dan pengetahuan tersebut akan menjadikan seseorang lebih inovatif, kreatif dan produktif yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidupnya serta kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved