Berita Kabupaten Banjar

Urusan Surat Keterangan Tak Perlu Antre di Pengadilan Negeri Martapura, Cukup Lakukan Cara Mudah Ini

Aplikasi eraterang adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengajukan permohonan surat keterangan di Pengadilan Negeri Martapura

Urusan Surat Keterangan Tak Perlu Antre di Pengadilan Negeri Martapura, Cukup Lakukan Cara Mudah Ini
Istimewa
Sosialisasi yang dilakukan Pengadilan Negeri Martapura di Mataraman, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Aplikasi eraterang adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengajukan permohonan surat keterangan di Pengadilan Negeri Martapura Kelas I B secara online.

Dengan adanya aplikasi Eraterang ini, pemohon tidak perlu datang antri ke pengadilan untuk mengajukan permohonan , pemohon hanya perlu mengisi formulir elektronik serta melengkapi data kemudian dalam waktu maksimal 1 x 24 jam pemohon telah dapat mengambil Surat Keterangan dengan membawa persyaratannya.

Kegiatan sosialisasi pun terus dilakukan seperti di Mataraman dihadiri Camat Mataraman Ahmad Rubaini, Polsek Mataraman, Koramil Mataraman serta para Staff Kantor Desa Gunung Ulin. Acara ini dihadiri oleh seluruh kepala desa di Kecamatan Mataraman beserta anggota BPD Gunung Ulin Kabupaten Banjar.

Pacar Baru Nikita Mirzani Diungkap Billy Syahputra, Nasib Hubungan Eks Dipo Latief & Betsalel Fdida?

Tower Patah Dihantam Angin Kencang, Rekam Data E-KTP di Tabalong Terganggu

Krisdayanti Dapat Peringatan Soal Pernikahan dengan Raul Lemos, Azriel & Aurel Hermansyah Disebut

Pengadilan Negeri Martapura bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar juga sebelumnya sudah mengumpulkan para Camat se Kabupaten Banjar. Tujuan mengumpulkan para Camat ini adalah untuk mengenalkan dan mensosialisasikan Elektronik Surat Keterangan atau bisa disebut Eraterang yang ada di Pengadilan Negeri Martapura Kelas IB.

Aplikasi eraterang itu merupakan terobosan yang sudah diluncurkan pada 1 Juli 2019 lalu oleh Mahkamah Agung.

Wakil Ketua PN Martapura, Noor Iswandi mengatakan aplikasi eraterang ini adalah bentuk pelayanan yang sangat mudah sehingga perlu dikenalkan kepada publik di Kabupaten Banjar.

"Para Pemohon cukup mengisi aplikasi Eraterang untuk mendapatkan Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri Martapura yang diinginkan." katanya.

Surat keterangan yang dimaksud beliau meliputi Surat keterangan, tidak sedang dinyatakan pailit, tidak pernah sebagai terpidana, tidak sedang dicabut hak pilihnya, dipidana karena kealpaan ringan atau alasan politik serta tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi tanggungjawabnya yang merugikan keuangan negara.

Menurut dia, sebelum adanya aplikasi Eraterang, para pemohon harus mendatangi ke Meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Martapura dengan membawa kelengkapan dokumen persyaratan seperti pas foto dan fotokopi KTP dan SKCK terbaru.

Kini melalui aplikasi eraterang, cukup dengan menggunakan smartphone atau laptop serta dengan menggunakan akun email perorangan/instansi maka sudah dapat melakukan permohonan secara elektronik.

"Apabila sudah ada akun terdaftar di aplikasi eraterang, sudah dapat membuat surat keterangan karena dalam aplikasi itu ada pilihannya. Apabila sudah terdaftar dapat membuatkan permohonan untuk mendapatkan surat keterangan untuk dirinya atau orang lain," tutur dia.

Notifikasi dari pemohon akan muncul di aplikasi Eraterang PN Martapura. Jika sudah dinyatakan lengkap, maka surat keterangan elektronik itu diterbitkan dan ada barcode bukti produk PN Martapura dan bisa dicetak," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved