Berita Banjarmasin

Inventarisir Aspirasi di Reses Pertama, DPRD Kalsel Periode 2019-2024 Intensifkan Pokir Online

DPRD Provinsi Kalsel sudah mulai mengintensifkan penggunaan skema Pokok Pikiran (Pokir) Online untuk menginventarisir aspirasi masyarakat

Inventarisir Aspirasi di Reses Pertama, DPRD Kalsel Periode 2019-2024 Intensifkan Pokir Online
istimewa/humas PKB
Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Kalsel Fraksi PKB, H Suripno Sumas di Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama DPRD Provinsi Kalsel sudah mulai mengintensifkan penggunaan skema Pokok Pikiran (Pokir) Online untuk menginventarisir aspirasi masyarakat yang masuk melalui kegiatan reses para Anggota Dewan Kalsel masa Jabatan 2019-2024.

Melalui skema ini, Pokir yang diserap didata dan diinput dalam laman website milik Pemerintah untuk selanjutnya diproses dan ditindaklanjuti oleh Bappeda Provinsi Kalsel.

Aspirasi masyarakat yang masuk dalam Pokir Online secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu Pokir yang berkaitan dengan kebijakan dan kewenangan Pemerintah Provinsi dan Pokir yang berkaitan dengan kebijakan dan kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, H AM Rozaniansyah membenarkan hal tersebut. Menurutnya penggunaan Pokir Online akan diintensifkan pada masa reses Anggota Dewan Kalsel yang terjadwal pada Tanggal 12-16 Nopember 2019.

"Kami rasa tentu ini hal positif dimana aspirasi masyarakat menjadi lebih terorganisir lagi," kata H AM Rozaniansyah.

Datang Bawa BMX, Pelaku Curanmor di Banjarmasin Ini Pergi Bawa N-Max

Mantan Kepala Desa Makmur Jadi Tersangka Dana Desa, Kades di Kabupaten Banjar Pun Kaget

Pasca Korupsi Dana Desa Makmur Kabupaten Banjar Terbongkar, Giliran Desa Sungai Sipai Diselidiki

Terapkan Tarif Baru, Periksa Semua Dokter Spesialis di RSUD Sultan Suriansyah Cuma Rp 30 Ribu

Hal ini juga diamini salah satu Anggota DPRD Provinsi Kalsel dari Fraksi PKB, H Suripno Sumas. Sudah melakukan kegiatan reses di beberapa titik di Banjarmasin, Ia menilai inventarisasi Pokir secara online memperbesar peluang aspirasi masyarakat terakomodasi.

Sebelumnya tak dipungkirinya banyak aspirasi masyarakat dari hasil reses yang dilakukannya tak terakomodir karena kurang terorganisirnya Pokir antara yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota.

"Dengan sistem online bisa dipilah lebih dulu mana kewenangan Provinsi mana yang Kabupaten Kota. Karena sudah dipilah, Pokir yang jadi kewenangan Pemprov akan bisa cepat ditindaklanjuti sebagai masukan program di APBD 2021 atau paling cepat di APBD Perubahan 2020," kata Suripno.

Berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Banjarmasin, H Suripno mengakui memang dalam kegiatan resesnya di beberapa titik banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat berkaitan dengan kewenangan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Diantaranya pada kegiatan resesnya bersama warga RT 31 Kelurahan Kuin Cerucuk, Banjarmasin di Rumah Makan Dapur Wasaka Kamis (14/11/2019), keluhan tidak berfungsinya gorong-gorong drainase tempat pembuangan air di lingkungan warga RT 31 Kuin Cerucuk menjadi hal yang mengemuka.

“Keluhan warga kami yaitu masalah drainase kalau hujan pasti banjir, mengapa banjir karena jalan ditinggikan 21 senti dan gorong-gorong tersumbat tidak berfungsi,” kata Ketua RT31, Kelurahan Kuin Cerucuk, H Sutaman.

Air genangan hujan yang tak dapat dialirkan melalui gorong-gorong menurutnya tak jarang menggenangi pelataran dan pada beberapa titik masuk ke rumah warganya.

Lagi, Teman Luna Maya & Sandra Dewi Singgung Jet Pribadi, Syahrini? Pamer Maia Estianty Mengemuka

Heboh Dana Desa Dikorupsi, Ternyata Kucuran Dana Desa Terbesar Ada di Kabupaten Banjar

Fakta-fakta Adik Perempuan Jan Ethes, Nama Cucu Jokowi Hingga Kelahiran Secara Caecar Putri Gibran

Mendapat kabar tersebut, H Suripno menyatakan akan menampung keluhan tersebut di kategori Kewenangan Pemerintah Kota dalam Pokir Online.

Namun, Ia juga akan secara langsung mengkomunikasikan keluhan tersebut kepada Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PKB untuk ditindaklanjuti. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved