Lifestyle

Menikmati Indonesia Lewat Buku, Zaki Semakin Semangat Bercita-cita Menjajaki Tanah Air

Muhammad Zaki, pecinta buku asal Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kualabanyak mengetahui segala hal tentang negeri ini dari buku

Menikmati Indonesia Lewat Buku, Zaki Semakin Semangat Bercita-cita Menjajaki Tanah Air
istimewa
Muhammad Zaki book lover 

BANJARMASINPOST CO.ID - Tanah air kita punya banyak keragaman seni budaya dan adat istiadat. Keelokan alamnya pun beragam. Semua patut disyukuri bahwan Tuhan memberi keindahan negeri ini.

Muhammad Zaki, pecinta buku asal Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, banyak mengetahui segala hal tentang negeri ini melalui buku.

Ya, meski kita belum punya kesempatan untuk melanglang ke berbagai daerah di negeri ini, namun dengan membaca buku maka wawasan dan pengetahuan tentang keragaman Indonesia dapat diselami.

Siswa SMAN 1 Anjir Pasar ini sangat suka membaca buku-buku bertema perjalanan seseorang ke suatu daerah. Dari situlah ia menyimak bagaimana keadaan di daerah tersebut.

Putri Gibran Rakabuming Telah Lahir, Ibunda Jan Ethes Selvi Ananda Melahirkan Bayi Perempuan

Heboh Kades Makmur Ditahan Jaksa, Dikorupsi untuk Ivestasi Bodong Dana Desa Raib Capai Rp 579 Juta

Cucu Presiden Jokowi Lahir! Nama Adik Jan Ethes Sudah Disiapkan, Ini Kata Gibran Rakabuming

Pertengkaran Citra Kirana & Rezky Aditya Terungkap Jelang Pernikahan, Eks Agnez Mo Dimarahi!

"Seperti buku yang sedang saya baca, yaitu Tapak Jejak yang merupakan buku tentang perjalanan seorang Fiersa Besari menjelajah Indonesia bagian timur selama berbulan-bulan," ungkap Ketua Osis SMAN 1 Anjir Pasar masa bakti 2018/2019 ini.

Buku Tapak Jejak mengajarkannya bahwa kita tidak selalu harus menikmati Indonesia dari tempat kita berada.

"Masih banyak tempat tempat indah yang Indonesia miliki, seperti di Indonesia bagian timur, yakni Maluku, Papua, Ternate dan sebagainya,"

Melalui buku tersebut ia semakin tergugah dan bersemangat untuk nantinya bisa juga menjajaki tanah-tanah di negeri ini.

"Buku ini pula mengajarkan bahwa setiap perjalanan bukan untuk apa yang kita dapat, tapi tentang apa yang dapat kita beri," ucap Zaki.

Baginya, percuma menjajaki semua bagian negeri ini, jika kita tidak dapat menyumbangkan apapun untuk negeri ini.

"Bahan bacaan lain yang saya suka ialah tentang info-info yang ada di dunia ini dari berbagai sudut pandang," ujar putra dari Hj Hamisyah dan Noor Asikin ini.

Manfaat dirasakan Zaki dari hobi membaca adalah sangat banyak, hal ini menjadi modal pengetahuan baginya sebagai bekal di masa depan.

Tak heran jika Zaki meraih Juara 2 Olimpiade Matematika tingkat Kabupaten Barito Kuala SMA 2019 dan Juara 2 English Quize at English Transmigration Village.

SESAAT LAGI Link Indosiar! Live Streaming TV Online PSIS vs Bali United Liga 1 2019 di Vidio.com

Jelang Bali United U-18 vs Barito Putera U-18 Elite Pro Academy 2019, Bidik ke Semifinal

Ditahan Kejari Banjar Karena Gunakan Dana Desa untuk Investasi Bodong, Begini Pengakuan Kades Makmur

Bagi Zaki yang punya motto; Hiduplah dengan terus berpestasi; buku-buku tidak hanya untuk dibaca lalu ditinggalkan, kita mesti mendapat apa yang seharusnya diberikan dari buku.

"Membaca buku, bukan sekedar hobi, tetapi menjadi kebutuhan setiap manusia," tandas Wakil 2 Atak Barito Kuala 2019 ini. (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved