Berita Banjarmasin

Sambut Kalsel Sebagai Penyangga Ibu Kota Negara, FT ULM Gelar Seminar Inovasi Bangunan Tinggi

Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (FT - ULM) Sabtu (16/11/2019) siang tadi menggelar Seminar Nasional & Call for Papers 2019.

Sambut Kalsel Sebagai Penyangga Ibu Kota Negara, FT ULM Gelar Seminar Inovasi Bangunan Tinggi
Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani
Dekan FT ULM saat membuka Seminar Nasional dengan ditandai pemukulan gong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berada dalam kawasan ketebalan tanah lunak yang cukup tinggi atau biasa disebut rawa, membuat pembangunan di Kalsel pun tentu perlu perencanaan yang matang demi memperoleh konstruksi kuat.

Apalagi Bumi Lambung Mangkurat yang ke depan akan menjadi salah satu provinsi penyangga ibu kota baru, tak dipungkiri Kalsel pun harus segera beradaptasi dengan keberadaan bangunan tinggi sedari dini.

Berangkat dari itulah Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (FT - ULM) Sabtu (16/11/2019) siang tadi menggelar Seminar Nasional & Call for Papers 2019.

Bertempat di Aula Hotel G-Sign Banjarmasin Kalsel pada seminar nasional tersebut, mereka mengangkat tema tentang Inovasi Bangunan Tinggi Dalam Persiapan Pembangunan Kota Metropolitan di Kalsel.

Diserang Harimau di Gunung Dempo, Wisatawan Sekayu Alami Robek di Pelipis

Mulan Jameela Menangis karena Ahmad Dhani, Mantan Duet Maia Estianty Khawatir Hal Ini

Melindungai Jantung dan Menangkal Alzheimer, Ini 12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

SESAAT LAGI Link RCTI! Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Iran Jelang SEA Games, Live TV Online

Tak tanggung-tanggung demi memberikan pencerahan dalam berbagai aspek, sebanyak empat pembicara pun dihadirkan dalam diskusi tersebut.

Mereka diantaranya, Ir. Wahyu P. Kuswanda selaku Direktur PT. Teknindo Geosistem Unggul. Pada sambutannya, ia memaparkan tentang pentingnya peran geoteknik dalam pembangunan terutama bangunan tinggi.

Karena bila belajar pada kasus mitigasi di Jalan Gubeng, tanpa peran Geoteknik selain akan membuat pondasi atau konstruksi bangunan tidak kuat, juga membuat tanah pun longsor atau jalan tersebut kemudian rusak.

Kedua, pembicara datang dari Dosen Teknik Sipil ULM, Arie Febry Fardheny yang kesempatan itu memaparkan tentang cara praktis untuk praktisi dalam konstruksi bangunan tinggi serta menawarkan berbagai macam inovasi-inovasi bangunan tinggi.

Sedangkan narasumber ketiga seorang Dosen Teknik Sipil UGM, Akhmad Aminullah yang memaparkan tentang tantangan para pelaku teknik sipil dalam menjawab era industri serba teknologi atau industry 4.0.

Sementara Kordinator Prodi S1 Teknik Sipil FT - ULM, Dr Ir Rusdiansyah, ST, MT, IPM, Asean Eng mengatakan tentu sudah sepatutnya sebagai provinsi yang akan menjadi penyangga ibu kota negara, Kalsel pun harus segera berbenah diri saat ini.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved