Berita Tapin

Jadi Penyangga Sektor Pangan untuk Ibu Kota Baru Kaltim, Kalsel Siapkan Anggaran untuk Sektor Ini

Dipilihnya Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Baru menggantikan Jakarta membuat Kalimantan Selatan (Kalsel) memasang target menjadi penyangga

Jadi Penyangga Sektor Pangan untuk Ibu Kota Baru Kaltim, Kalsel Siapkan Anggaran untuk Sektor Ini
Dok. Kementerian Pertanian
Pertanaman Padi Varietas Inpara 2 di lahan rawa Desa Jejangkit, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan pada kondisi pertanaman dihamparan lahan rawa seluas 60 hektare. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TAPIN - Dipilihnya Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Baru menggantikan Jakarta membuat Kalimantan Selatan (Kalsel) memasang target menjadi penyangga di sektor pangan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Haris Makkie saat menghadiri acara program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) di Desa Suato Lama, Kabupaten Tapin.

"Sudah ditargetkan pak gubernur bahwa kami akan menjadi daerah penyangga di sektor pangan, khususnya sektor pertanian dan peternakan," terang Haris, Sabtu (16/11/2019).

Khusus sektor peternakan, Haris menambahkan bahwa Kalsel saat ini terus berbenah untuk meningkatkan produksi daging sapi.

KESEDIHAN Adik Krisdayanti, Anang Hermansyah dan Ashanty Mendadak Tak Hadiri Pernikahannya, Ada Apa?

HEBOH! Tertawa Seperti Kera, Bocah 6 Tahun Ini Dianggap Titisan Dewa, Ada Rambut Yang Bikin Viral

ANAK Muntah Darah! Artis Eza Gionino Ini Siap Duel dengan Penjual Arwana, Saya Enggak Takut

VIRAL Video Emak-emak Seperti Tak Berdosa Tenteng Tas dengan Pede, Ternyata Curi Tas dari Toko Ini

Beberapa program yang sudah berjalan jika berhasil nantinya Kalsel akan menuju daerah swasembada sapi.

Apalagi saat ini, lanjut Haris, beberapa desa di Kalsel sudah menjalankan program Upsus Siwab yang merupakan salah satu program kementrian pertanian.

Menurut Haris, program tersebut nantinya tidak semata-mata memenuhi kebutuhan daging sapi secara lokal, tetapi juga akan memenuhi ketersedian secara regional dan nasional, khususnya untuk ibu kota baru.

"Karena itu dengan kita pertambahan produksi di samping kita memenuhi kebutuhan lokal, kita juga akan menyuplai untuk kebutuhan regional maupun nasional," jelas Haris.

"Peluang menjadi daerah penyangga untuk peternakan dan pertanian untuk ini kota baru sangat terbuka," ujarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Pemprov Kalsel sudah melakukan langkah-langkah strategis.

Salah satunya dengan menyiapkan anggaran agar beberapa program pertanian dan peternakan dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

"Yang jelas kami upayakan itu, kami siapkan anggarannya untuk menuju ke arah sana, ini bertahap, tapi kami akan memulainya dengan melakukan kalkulasi-kalkulasi," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kalsel Pasang Target Jadi Penyangga Sektor Pangan untuk Ibu Kota Baru",

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved