Fakta Unik Ban Ganal Balangan

Jadi Sasaran Pengendara Ngantuk, 'Ban Besar' Batupiring Dipensiunkan, Puluhan Tahun Jadi Marka Jalan

Puluhan tahun berada tepat pada marka jalan bagian tengah, ban besar pada tikungan di Jalan A Yani, Kelurahan Batupiring, Paringin, Kabupaten Balangan

Jadi Sasaran Pengendara Ngantuk, 'Ban Besar' Batupiring Dipensiunkan, Puluhan Tahun Jadi Marka Jalan
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan memindahkan ban besar yang ada di Jalan A Yani KM 2 , Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Rabu (23/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Puluhan tahun berada tepat pada marka jalan bagian tengah, ban besar pada tikungan di Jalan A Yani, Kelurahan Batupiring, Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, sejak beberapa waktu lalu dipindah.

Pemindahan tersebut dilakukan oleh personel Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan, dibantu oleh Satlantas Polres Balangan untuk pengaturan lalu lintas.

Tak hanya dua instansi ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kabupaten Balangan juga terlibat.

Karena dianggap cukup besar, saat pemindahan beberapa waktu lalu, para anggota Dishub nampak kesulitan. Mereka juga memanfaatkan mobil untuk menarik ban dan memindahkannya ke pinggir jalan.

BREAKING NEWS - Heboh! Festival Pasar Terapung Lokbaintan Diikuti 558 Jukung, Bule Australia Hadir

VIRAL Video Emak-emak Seperti Tak Berdosa Tenteng Tas dengan Pede, Ternyata Curi Tas dari Toko Ini

Sempat Ada Ban Ganal di Batupiring Balangan, Terungkap Ini Tujuan Awalnya

Ban besar di Jalan A Yani, Batupiring tepat berada pada pertigaan jalan sekaligus tikungan. Tak jarang, ban tersebut menjadi sasaran pengendara yang diduga ngantuk.

Ban besar itu kerab ditemukan dalam keadaan tergeser karena adanya kendaraan yang menabrak. Selain itu juga dianggap sebagai objek yang rentan dan rawan menyebabkan kecelakaan.

"Memang lebih efektif kalau ban besarnya dipindah. Karena keberadaannya membuat kadang membuat pengguna jalan, khususnya pengendara mobil tertabrak," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan, Ardiansyah kala itu, yang kini telah menjabat sebagai Sekwan DPRD Kabupaten Balangan.

Ban ganal yang dulu berada di tengah jalan pada tikungan Jalan A Yani, KM 1 Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan kini berada di pinggir jalan
Ban ganal yang dulu berada di tengah jalan pada tikungan Jalan A Yani, KM 1 Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan kini berada di pinggir jalan (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Terangnya, pemindahan ban besar tersebut memang dipicu sering terjadinya kecelakaan. Apalagi pada hari yang sama, saat pemindahan, pihaknya telah diarahkan oleh Bupati Balangan, Ansharuddin untuk memindah ban tersebut.

Kini, di lokasi sekitaran ban besar atau ban galan tersebut diletakan lampu sorot.

Dishub juga telah berencana membuat zebra cross pada satu persimpangan di kawasan itu. Selain itu menghubungkan marka jalan, agar pengendara tidak lagi memutus jalur untuk berbelok. Kemudian lampu sorot juga telah diletakan sebagai bantuan penerangan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved