Fakta Unik Ban Ganal Balangan

Sempat Ada 'Ban Ganal' di Batupiring Balangan, Terungkap Ini Tujuan Awalnya

Sejak 31 Oktober 1999, ban besar atau ban ganal jenis truck HD diletakan di Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin, Selatan, Jalan A Yani, KM 1

Sempat Ada 'Ban Ganal' di Batupiring Balangan, Terungkap Ini Tujuan Awalnya
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Ban ganal yang dulu berada di tengah jalan pada tikungan Jalan A Yani, KM 1 Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan kini berada di pinggir jalan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -Sejak 31 Oktober 1999, ban besar atau ban ganal jenis truck HD diletakan di Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin, Selatan, Jalan A Yani, KM 1, Kabupaten Balangan.

Namun karena dianggap rentan terjadinya kecelakaan di kawasan tersebut, lantas pada 23 Oktober 2019 kemaren, Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan mulai membuat rekayasa lalu lintas baru. Yakni pemindahan ban besar agar tidak lagi berada di tengah jalan.

Pasalnya, ban ganal tersebut tepat berada pada tikungan yang memiliki persimpangan.

Keberadaannya pun dianggap menggangu, karena mengharuskan pengendara yang melintas ke arah Kalimantan Timur harus mengambil lajur kiri yang dilintasi pengendara menuju Barabai. Sehingga terjadi persempitan jalan yang digunakan oleh pengendara. Terutama mobil.

HEBOH! Tertawa Seperti Kera, Bocah 6 Tahun Ini Dianggap Titisan Dewa, Ada Rambut Yang Bikin Viral

KESEDIHAN Adik Krisdayanti, Anang Hermansyah dan Ashanty Mendadak Tak Hadiri Pernikahannya, Ada Apa?

Keberadaan Benda itu Dianggap Menyusahkan Pengguna Jalan, Ban Ganal Batupiring Pun Dipindah

Ban ganal dianggap punya sejarah tersendiri perihal keberadaannya. Terlebih dari informasi yang didapat, peletakan ban ganal itu awalnya juga diniatkan untuk mengurangi kecelakaan. Namun sebagaimana diketahui pula, banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi di area tersebut. Terutama mobil yang menabrak ban.

"Iya setahu saya dulu pernah ada insiden kecelakaan disini. Makanya diletakan ban ganal itu untuk mengurangi," ucap warga setempat, Putri.

Namun sebaliknya, tak jarang pengemudi menabrak ban tersebut saat melintas. Terutama saat dinihari.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved