Berita Tanahlaut

Tiga Puskesmas di Kabupaten Tanahlaut Proses Akreditasi, Bupati Sukamta Minta Jadi BLUD

Tanahlaut menggenjot akreditasi puskesmas. Hal itu ditandai dengan tim surveyor yang berkeliling puskesmas di Tanahlaut untuk mengunjungi puskesmas.

Tiga Puskesmas di Kabupaten Tanahlaut Proses Akreditasi, Bupati Sukamta Minta Jadi BLUD
HO/Humpro Tala
Suasana re-akreditasi di Puskesmas Sei Cuka Kintap Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kabupaten Tanahlaut menggenjot akreditasi puskesmas. Hal itu ditandai dengan tim surveyor yang berkeliling puskesmas di Tanahlaut untuk mengunjungi puskesmas.

Dimulai dari akreditasi Puskesmas Pelaihari beberapa waktu lalu hingga Puskesmas Bati-bati dan Puskesmas Sei Cuka.

Kepala Bidang Pencegah dan Pengendali Penyakit Dinas Kesehatan Tanahlaut yang kali itu menghadiri akreditasi, Antonius Jaka kepada Banjarmasinpost.co.id Minggu (17/11/2019) menjelaskan terkait tahapan tahapan dalam akreditasi yang pertama adalah penyusunan dokumen dokumen.

Dokumen yang ada nanti disesuaikan dengan peraturan peraturan dari kementerian kesehatan maupun peraturan yang ada di daerah. 

Kemudian Standar Operasional Prosedur (SOP) semua harus disusun, sehingga dalam pelaksanaan atau pelayanan sesuai dengan SOP yang ada. "Apa yang ditulis itu dikerjakan, kemudian yang dikerjakan itu yang harus ditulis," jelasnya. 

BNNK HSS Sebut Narkoba Dipasok dari Jalur Sungai, Darat Hingga Kawasan Pertambangan

Mantan Pengusaha Lihan Mulai Masuk di Blok Sel Mapenaling, Berbaur 200 Tahanan Lapas Banjarbaru

Selanjutnya ada pra-akreditasi yang disurvei oleh Dinas Kesehatan Provinsi untuk menilai layak atau tidaknya maju pada tahap akreditasi. "Kalau puskesmas sudah mendapatkan skor 75 dari Dinkes Provinsi, baru akan diajukan akreditasi. Sebab apabila nilai nya kurang dari 75 maka dinyatakan tidak lulus," ujarnya. 

Bupati Tanahlaut H Sukamta mengatakan akreditasi memiliki tujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan FKTP, agar tercipta kepuasan masyarakat yang meliputi adanya pemenuhan terhadap sarana, prasarana, alat kesehatan sumber daya manusia dan obat - obatan.

Selain itu penilaian akreditasi menurut Sukamta, dapat memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan, kemudian akan ditetapkan strata akreditasi puskesmas yang telah memenuhi standar yang telah ditentukan, sehingga pada akhirnya diharapkan terbina puskesmas dengan sistem pelayanan, mutu dan kinerja yang baik

Ia juga mengharapkan agar pada tahun 2021 semua Puskesmas di Kabupaten Tanah Laut (Tala) bisa menjadi bagian dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Banjarmasinpost.co.id/Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved