Banjarbaru Pemenang 2019

Disporabudpar Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja, Hadirkan Agus Sasirangan

Disporabudpar Kota Banjarbaru menggelar pelatihan pemandu wisata di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru

Disporabudpar Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja, Hadirkan Agus Sasirangan
Disporabudpar
Kadisporabudpar Kota Banjarbaru membuka pelatihan pemandu wisata kuliner dan Belanja di Banjarbaru 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU-Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas pemuda olahraga, kebudayaan dan pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarbaru menggelar pelatihan pemandu wisata di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Senin, (18/11/2019).

Kegiatan ini mengusung tema pemandu wisata destinasi yang baik guna meningkatkan daya saing wisata kuliner dan belanja yang ada di Kalsel.

Ada sebanyak 120 peserta yang mengikuti kegiatan yang dibuka oleh Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani yang diwakilkan oleh asisten 1, H Fahrudin.

Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja di Banjarbaru
Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja di Banjarbaru (Disporabudpar Banjarbaru)

Tampak hadir Kadisporabudpar Kota Banjarbaru Hidayaturahman, para peserta yang terdiri dari pelaku ekonomi kreatif, kelompok sadar wisata (Pokdarwis), para travel, pengelola rumah makan dan para siswa SMKN 3 Banjarbaru.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Senin, (18/11) dan Selasa, (19/11) dengan jumlah total peserta 120 orang.

"Para peserta diharapkan bisa mengikuti kegiatan pelatihan dengan sebaik mungkin. Sehingga ilmu bisa diaplikasikan untuk meningkatkan perkembangan wisata di Kota Banjarbaru," kata H Fahrudin.

Kadisporabudpar Kota Banjarbaru Hidayaturahman menuturkan bahwa kegiatan pelatihan dilakukan selama dua hari.

"Kegiatan pelatihan ini untuk pemandu wisata kuliner dan belanja, diikuti sebanyak 120 peserta. Mereka dibagi untuk dua hari. Sehari ada 60 peserta," katanya.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan destinasi kuliner di Banjarbaru bisa bersaing dengan daerah lain.

"Selain itu, harus ada punya nilai lebih dari destinasi daerah lain. Apalagi daerah kita ini sebagai tujuan akhir pekan," lanjutnya.

Pihaknya juga menekankan kepada pengelola kuliner agar memberikan daftar harga makanan dan minuman. Sehingga ada kejelasan harga kepada pembeli.

Agus Sasirangan mengisi pelatihan pemandu wisata kuliner dan Belanja di Banjarbaru
Agus Sasirangan mengisi pelatihan pemandu wisata kuliner dan Belanja di Banjarbaru (Disporabudpar Banjarbaru)

Sejumlah Nara sumber yang dihadirkan seperti Agus sasirangan yang menyampaikan materi tentang Kuliner Khas Banjar sebagai warisan budaya Banjar.

Aristo Waney menyampaikan tentang meningkatkan daya saing pariiwsata kuliner dan belanja. Serta Demo masak oleh chef Denny Abd Aziz.

Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani dan Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan sudah menekankan bahwa Banjarbaru juga sebagai kota destinasi wisata yang didukung dengan ekonomi kreatif sebagai kota tujuan. Sehingga mereka mengeluarkan tagline Food, Fashion, and Fun. (AOL)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved