Berita Kabupaten Banjar

Genap Sudah Perjuangan Penambal Ban Martapura Melawan Tumor Ganas, Begini Endingnya

Perjuangan lelaki 45 tahun warga Desa Keramatbaru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan itu berakhir, Sabtu (16/1/2019).

Genap Sudah Perjuangan Penambal Ban Martapura Melawan Tumor Ganas, Begini Endingnya
HO/Nurul Habibah untuk Banjarmasinpost.co.id
SYAIFULLAH masih tampak kuat saat dijenguk Rosehan NB di RSU Ulin, beberapa hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID MARTAPURA - Tergenapkan sudah peluh Syaifullah melawan tumor ganas yang menggerogoti raganya.

Perjuangan lelaki 45 tahun warga Desa Keramatbaru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), itu berakhir, Sabtu (16/11/2019) sore.

Lelaki yang berprofesi sebagai penambal ban itu menutup mata selamanya. Air mata pun tumpah di bola mata orang-orang tercintanya.

Meski tabah, namun mereka tak kuasa menahan kepiluan. Buliran air mata menetes dan membasahi pipi Juwairiah, sang istri.

"Pukul 14.25 Wita Sabtu kemarin beliau mengembuskan napas terakhirnya di RSU Ulin, Banjarmasin," ucap Nurul Habibah relawan dari Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Banjar (FKMKB), Senin (18/11/2019).

Viral Video Detik-detik Nenek Disuruh Ngemis Jelang Jumatan, Diturunkan di Masjid, Dibekali Caping

Sate Unta Kini Ada di Banjarbaru, Dagingnya Berserat dan Maknyus Lho

Rasa Iba Kru pada Nagita Slavina yang Diperlakukan Raffi Ahmad Begini, Lupa Peringatan Ustadz Dhanu?

Habibah dan kawan-kawan bersama HM Rosehan NB (anggota DPRD Provinsi Kalsel) turut melayat di RSU Ulin. Sebelumnya, beberapa hari lalu, Rosehan dan Habibah membantu fasilitasi perawatan Syaifullah di RSU Ulin.

Tak lama setelah dinyatakan meninggal oleh tim medis RSU Ulin, Syaifullah dievakuasi ke rumah duka di Keramatbaru. "Bersama Pak Rosehan kami membawa jenazah pulang ke rumah duka dan Minggu (17/11/2019) pagi menjelang siang dikebumikan," tutur Habibah.

Syaifullah menjalani rawat inap di RSU Ulin sejak 3 November 2019 melalui fasilitasi FKMKB dibantu Rosehan NB. Namun operasi tak kunjung bisa dilakukan karena kadar hemoglobin (hb)nya rendah, jauh di bawah angka 10. Padahal telah djadwalkan dioperasi pada 3 November.

Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, pada mamalia dan hewan lainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

Tumor yang menyerang perut Syaifullah cukup kronis. Kondisi fisiknya menjadi kurus kering, rangka tulang sekujir tubuhnya jelas terlihat, cuma bagian perut yang membesar.

Bpk Kadisdikbud Tanbu Tolong Tegur Oknum Guru Kelas SDN Pondok Butun Sering Tak Masuk Mengajar

Daging Unta untuk Sate Dipasok dari Tanah Suci Mekkah Langsung, Sekali Kirim Rp 18 juta

Saat berada di RSU Ulin, napasnya juga kerap sesak. Karena itu untuk kelancaran pernapasannya dibantu menggunakan tabung oksigen. Sementara itu, pihak keluarga sangat terharu atas perhatian sejumlah pihak.

MENINGGAL -  HM Rosehan NB bersama relawan FKMKB melayat di RSU Ulin Banjarmasin.
MENINGGAL -  HM Rosehan NB bersama relawan FKMKB melayat di RSU Ulin Banjarmasin. (HO/Nurul Habibah untuk Banjarmasinpost.co.id)

Syaifullah tak pernah mengeluh dan tetap tegar meski tumor ganas terus menyelubingi raganya. Ia mengaku mengidap tumor sejak sekitar setahun lalu.

Penuturan Juwairiah, sang suami mulai merasakan keganjilan di bagian perut pada Ramadan tahun kemarn.

Dikatakannya, awalnya cuma benjolan biasa saja. Tapi, lama-kelamaan benjolannya pindah ke arah tengah perut dan terus membesar.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved