Berita Banjarmasin

Komisi IV DPRD Kalsel Upayakan DAK dan CSR Bantu Renovasi Fasilitas Olahraga di Banua

Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel intensifkan upaya untuk gali potensi pembiayaan fasilitas olahraga di Kalsel

Komisi IV DPRD Kalsel Upayakan DAK dan CSR Bantu Renovasi Fasilitas Olahraga di Banua
istimewa
sketsa foto desain stadion baru 17 Mei pun dibuat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel intensifkan upaya untuk gali potensi pembiayaan fasilitas olahraga di Kalsel dari sumber eksternal APBD Kalsel.

Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat menjadi salah satu sumber dana yang coba diupayakan untuk bantu pengembangan fasilitas olahraga di Banua.

Dijelaskan Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, Firman Yusi, dari hasil komunikasi Komisi IV dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), selama ini DAK melalui Kemenpora untuk alokasi pembenahan fasilitas olahraga disalurkan ke Pemerintah Kabupaten/Kota.

Namun belum ada dana sejenis yang disalurkan ke Pemerintah Provinsi.

Sedangkan beberapa fasilitas olaharaga di Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin seperti Stadion 17 Mei dan GOR Hasanuddin merupakan aset milik Pemerintah Provinsi Kalsel.

Foto Jadul AHY & Ani Yudhoyono Jadi Sorotan, Istri SBY Bikin Annisa Pohan Rasakan Ini

Paksaan Raffi Ahmad pada Nagita Slavina Ini Bikin Ibu Rafathar Merasa Tersiksa, Sebabnya?

Keganjilan Doa Gempi untuk Gisella Anastasia, Eks Gading Marten Diminta Sabar, Soal Video Syur?

Alternatifnya, Komisi IV juga akan dekati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) upayakan aliran DAK untuk pembangunan dan pembenahan fasilitas olahraga.

"Untuk dana fasilitas olahraga di daerah ternyata Kementrian PUPR juga ada anggarannya, jadi kita akan upayakan ke Kementrian PUPR. Apalagi sekarang ini kita juga lagi membenahi stadion 17 Mei dan GOR juga, kalau seluruhnya dibebankan APBD Kalsel tentu berat," kata Firman Yusi di Ruang Fraksi PKS, Senin (18/11/2019).

Aliran dana di luar APBD menurut Firman penting agar fasilitas olahraga di Kalsel bisa seragam minimal berstandar nasional sehingga menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) tak hanya sebatas angan-angan.

Tak hanya itu, pihaknya juga mewacanakan untuk mendorong disusunnya regulasi daerah baik berupa Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Gubernur (Pergub) yang mendorong pihak swasta berperan terhadap pengembangan fasilitas olahraga di daerah.

"Pihak swasta bisa diaturkan untuk terlibat di sektor ini, misalnya melalui dana CSR," kata Firman.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved