Berita Tanahbumbu

Bawaslu Mulai Buka Tahapan Rekrutmen Panwascam, Pelamar Wajib Memenuhi 18 Persyaratan Untuk Lolos

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanahbumbu mulai membuka tahapan proses rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Bawaslu Mulai Buka Tahapan Rekrutmen Panwascam, Pelamar Wajib Memenuhi 18 Persyaratan Untuk Lolos
banjarmasin post group/helriansyah
Ketua Bawaslu Kabupaten Tanahbumbu H Kamiluddin Malewa SE 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanahbumbu mulai membuka tahapan proses rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Untuk tahapan awal Bawaslu sudah membuka pengambilan formulir bagi calon pelamar.

Ketua Bawaslu Tanahbumbu Kamiluddin Malewa mengatakan, rekrutmen panwascam diperlukan sebanyak 30 orang, terdiri dari 70 persen atau 21 orang laki-laki dan 30 persen atau 9 orang perempuan.

Menurut Kamiluddin, 30 orang panwascam akan direkrut untuk di tempatkan di masing-masing kecamatan. Satu kecamatan sebanyak tiga orang komisioner.

"Jadi 30 orang. Satu kecamatan tiga komisioner, kan ada 10 kecamatan," kata Kamiluddin kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (19/11/2019).

Sesuai tahapan seharusnya komisioner bekerja mulai Desember, namun pedomannya baru keluar pertengahan Nopember tadi. Sehingga melakukan tahapan pengrekrutan menjadi telat.

Pasar Daging dan Pasar Ikan Kotabaru Ludes Diamuk Jago Merah, Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

BREAKING NEWS - Mantan Bupati Seruyan H Darwan Ali Tutup Usia Saat Dirawat di RS Jakarta

Festival Pasar Terapung 2019 Sukses, Begini Harapan ke Depan Bupati Banjar

Akan tetapi berhubung Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) belum terbentuk dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab berdasarkan aturan satu bulan sebelum PPK, Panwascam sudah terbentuk.

"Jadi kalau Desember terbentuk Panwascam. PPK bulan Januari masih pas saja," terang Kamiluddin.

Menyinggung soal persyaratan, lanjut Kamiluddin, ada 18 poin persyaratan yang harus dilengkapi calon pelamar. Di antaranya tidak pernah menjadi anggota partai politik (Parpol) atau pernah menjadi anggota Parpol, namun sudah mengundurkan diri minimal selama lima tahun.

Berdomisili di Kabupaten Tanahbumbu sesuai KTP, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan, bersedia mengundurkan diri dari organisasi masyarakat yang berbadan hukum jika terpilih.

"Makanya semua nanti ada surat pernyataan diminta dari calon pelamar sebagai kelengkapan pesyaratan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved