Berita Kalteng

OPD di Kapuas Ikuti Bimtek Sistem Pelayanan Publik dan Kehumasan yang Digelar Diskominfo

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pelayanan Publik

OPD di Kapuas Ikuti Bimtek Sistem Pelayanan Publik dan Kehumasan yang Digelar Diskominfo
tribunkalteng.com/fadly
Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pelayanan Publik, PPID, Pengelolaan LAPOR serta Jurnalistik Kehumasan yang digelar di Aula Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, Selasa (19/11/2019) pagi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pelayanan Publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) serta Jurnalistik Kehumasan.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Bupati Kapuas, Selasa (19/11/2019) pagi itu dibuka Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor ditandai dengan penekanan sirine secara simbolis.

Digelarnya Bimtek tersebut sebagaimana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan setiap badan publik harus mempunyai PPID yang mana PPID utama berada di Diskominfo Kabupaten Kapuas serta PPID pembantu berada pada masing-masing Perangkat Daerah.

Ciuman Ariel Tatum ke Vicky Prasetyo Bikin Raffi Ahmad Bereaksi, Suami Nagita Slavina Usir Sosok Ini

Heboh Foto Hilda Vitria Tanpa Celana Pasca Putus dari Billy Syahputra & Dikalahkan Kriss Hatta

Ketakutan Luna Maya Jika Bunuh Diri Dilakukannya, Terkait Ariel NOAH & Suami Syahrini, Reino?

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas H Junaidi dalam laporannya menerangkan bahwa dengan telah dibentuknya PPID ini diharapkan mampu melayani masyarakat akan kebutuhan informasi dan dokumentasi publik secara cepat, tepat, akurat serta tidak menyesatkan dan tentu diperlukan sinegritas yang baik antar Perangkat Daerah.

Selain itu juga Dinas Kominfo mempunyai fungsi pengelola pengaduan publik yaitu LAPOR yang merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan salah satunya website www.lapor.go.id.

Dirinya menambahkan Dinas Kominfo juga mengembangkan aplikasi SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi) melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.

Dimana aplikasi tersebut akan menghimpun semua informasi publik yang ada pada Perangkat Daerah, Pedesaan, Mahasiswa, Pelajar dan Komunitas untuk berkontribusi dalam informasi berita yang terintegrasi pada Dinas Kominfo satu pintu melalui Aplikasi SIBER.

"Kami mengharapkan tidak hanya Perangkat daerah yang berkontribusi dalam menyampaikan informasi tetapi juga UPTD, Kelurahan, bahkan sampai Desa," ungkap H Junaidi.

Karena, lanjutnya, semakin banyak informasi yang dihimpun akan menambah Citra Kabupaten Kapuas.

Untuk itu melalui Bimtek Jurnalistik Kehumasan ini juga, kami mengharapkan pada Perangkat Daerah agar dapat memaksimalkan Peran Kehumasan pada OPD nya.

"Kami (Dinas Kominfo) siap membantu apabila ada kendala di lapangan nantinya," jelas H Junaidi.

Bimtek tersebut dilaksanakan selama satu hari dengan jumlah peserta kurang lebih 100 orang.

Terdiri dari seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Kapuas, seluruh UPTD Dinas Kesehatan dan UPTD Dinas Pendidikan dengan narasumber dari Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng dan PWI Provinsi Kalteng.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved