Berita Banjarmasin

Sambut Kedatangan Tim Penilai Adipura, Pemko Banjarmasin Hadirkan Ini di Halaman Kantor Wali Kota

Sebuah bak sampah yang terdiri dari empat warna seolah memberikan kesan baru di lingkungan perkantoran Balai Kota Banjarmasin tersebut

banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani
Kabid Pengawasan DLH Kota Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono saat memperlihatkan bak sampah spesifik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada yang berbeda di halaman depan kantor Pemerintah Kota Banjarmasin Kalsel terlebih seiring penilaian tahap dua oleh Tim Penilai Pusat Adipura 2019, Rabu (20/11/2019) tadi.

Pasalnya sebuah bak sampah yang terdiri dari empat warna seolah memberikan kesan baru di lingkungan perkantoran Balai Kota Banjarmasin tersebut.

Bak sampah itu pada dasarnya terdiri dari empat warna yakni merah, biru kuning dan hijau. Sedangkan setiap warna adalah pembeda jenis-jenis sampah yang boleh dimasukkan ke dalamnya.

Kabid Pengawasan DLH Kota Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono menyebut wadah tersebut bak sampah spesifik. Sesuai namanya, meski sama-sama sebagai tempat sampah namun yang membedakan adalah jenisnya.

" Karena kalau kotak yang lain untuk jenis sampah organik dan anorganik, ini peruntukkan untuk limbah rumah tangga spesifik seperti baterai, botol bekas parfum, baygon sejenisnya serta sampah-sampah elektronik dan lampu," jelasnya.

Tim Penilai Adipura Tiba di Kantor Wali Kota Banjarmasin, Bank Sampah di Lingkungan Pemko Pun Dicek

Wahyu juga menambahkan keberadaan bak spesifik sendiri sebetulnya ke depan akan diiringi dengan keluarnya peraturan pemerintah. Hal ini tujuannya agar penanganan limbah spesifik rumah tangga bisa benar-benar teratasi.

Sehingga meski tanggung jawab tersebut sepenuhnya tetap pada pemerintah, namun ia berharap masyarakat pun bisa turut membantu melakukan pemilihan sampah spesifik sebelum membuangnya.

" Nah setelah itu, maka kami pun akan menjemputnya. Karena sampah-sampah spesifik yang telah terkumpul tadi, akan dimusnahkan dengan cara khusus yakni melalui insinerator. Yang saat ini tempat itu pun sedang kami siapkan,"jelasnya. (banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved