Tips Sehat

10 Efek Buruk Alkohol bagi Tubuh Manusia, Minuman Keras (Miras) Bikin Liver Rusak dan Otak Menyusut

Berikut adalah 10 efek buruk alkohol bagi tubuh manusia jika dikonsumsi, termasuk dampak buruk minuman keras atau miras untuk kesehatan sebagai beriku

Satpol PP Banjarbaru
Efek Buruk Alkohol bagi Tubuh Manusia, Minuman Keras (Miras) Bikin Liver Rusak dan Otak Menyusut. 

Alkohol atau minuman keras memiliki dampak buruk bagi tubuh jika mengonsumsinya, bahkan bisa berisiko penyakit mematikan

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sepuluh efek buruk alkohol bagi tubuh manusia jika dikonsumsi, diantaranya merusak liver dan penyusutan otak.

Efek buruk alkohol selalu disebut tak baik bagi tubuh manusia. Minuman keras mengandung alkohol walaupun dijaul terbatas, namun sering dikatakan berdampak buruk bagi yang mengonsumsinya.

Walaupun ada pula pembelaan minuman keras mengandung alkohol juga ada dampak baiknya, namun kebanyakan yang mengemuka adalah efek buruk alkohol jika dikonsumsi tubuh.

Nah, oleh karena itu, ada baiknya untuk mengenal efek buruk alkohol atau minuman keras yang mengandung alkohol.

7 Macam Mitos Minuman Beralkohol yang Beredar di Masyarakat yang Tidak Benar, Bukan Cegah Muntah

Berikut adalah 10 efek buruk alkohol bagi tubuh manusia jika dikonsumsi, termasuk dampak buruk minuman keras atau miras untuk kesehatan sebagai berikut:

1. Efek buruk alkohol bisa lemahkan sistem kekebalan tubuh

Tak banyak yang tahu bahwa efek buruk alkohol bisa menghentikan sistem kekebalan tubuh. Saat seseorang mengonsumsi alkohol, tubuh kesulitan membuat sel darah putih untuk melawan kuman. Biasanya, 24 jam setelah menenggak alkohol orang lebih rentan terhadap penyakit.

2. Alkohol Buruk pada detak jantung

Minuman keras bisa mencampuradukkan sinyal listrik jantung. Sinyal listrik menjaga detak jantung untuk tetap stabil. Efek buruk alkohol menyebabkan otot-otot tubuh melemas, alkohol juga menyebabkan otot jantung mengendur dan meregang. Akibatnya, jantung seperti karet gelang tua yang kesulitan memompa darah.

3. Alkohol Pengaruh pada suhu tubuh

Saat beberapa waktu pertama mengonsumsi alkohol, yang terasa mungkin hangat atau panas. Itu karena alkohol memperlebar pembuluh darah dan membuat lebih banyak aliran darah ke kulit. Sayangnya, suhu hangat atau panas ini tidak bertahan lama dan menyebabkan suhu tubuh turun.

4. Alkohol berdampak ke kepala

Pada 30 detik pertama setelah seseorang menenggak alkohol, minuman ini langsung masuk ke otak. Minuman ini memperlambat bahan kimia dan jalur yang digunakan sel otak untuk mengirim pesan. Mengubah suasana hati, memperlambat reflek, dan menghilangkan keseimbangan seseorang. Alkohol membuat seseorang tak bisa berpikir jernih atau tak bisa mengingat sesuatu.

5. Alkohol bantu penyusutan otak

Halaman
12
Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved