Kesehatan

5 Kebiasaaan Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya Menurut Ahli Terapi Fisik Tersertifikasi

Sakit punggung umumnya terjadi pada orang dewasa dan penyebab utamanya sebagian besar karena postur tubuh yang salah.

5 Kebiasaaan Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya Menurut Ahli Terapi Fisik Tersertifikasi
m.dailyhunt.in
Ilustrasi sakit punggung 

"Banyak aktivitas harian yang bisa menyebabkan sakit punggung," kata kepala ilmu tulang belakang di Northwell Health, Long Island Dr. Jason Lipetz


BANJARMASINPOST.CO.ID - Semua orang mungkin pernah merasakan sakit punggung. Sakit punggung umumnya terjadi pada orang dewasa dan penyebab utamanya sebagian besar karena postur tubuh yang salah.

Menurut Ahli bedah ortopedi dari Pusat Tulang Belakang NYU Langone Health, New York, sakit pada punggung adalah komplain paling banyak kedua yang menjadi alasan orang pergi ke dokter kata

Sakit punggung ternyata banyak penyebabnya, bahkan bisa dari aktivitas-aktivitas kecil kita sehari-hari. Mulai dari duduk tidak tegak hingga membungkuk menggendong anak.

Walau tidak mengancam nyawa, sakit punggung sangatlah mengganggu dan menghabiskan energi. Sakit punggung umumnya terjadi pada orang dewasa dan penyebab utamanya sebagian besar karena postur tubuh yang salah.

"Banyak aktivitas harian yang bisa menyebabkan sakit punggung," kata kepala ilmu tulang belakang di Northwell Health, Long Island Dr. Jason Lipetz kepada Washington Post.

8 Tips Olahraga yang Efektif Bikin Badan Bugar, Cara Berolahraga Hanya 15 Menit

Lipetz dan terapis fisik tersertifikasi dari Rusk Rehabilitation NYU Langone Health di Midtown, James Koo memberi informasi keluhan-keluhan umum terkait sakit punggung serta bagaimana mengatasinya.

1. Area leher

Sakit di area leher biasanya disebabkan karena terlalu banyak menengok ke arah bawah, seperti ke ponsel atau komputer, sehingga menyebabkan sakit dan tegang pada leher.

Cara mengatasinya, letakkan layar komputer pada level mata dan duduklah tegak. Sepanjang hari, kata Koo, lakukan gerakan seolah menumpu dagu pada sebuah rak dan tariklah kepalamu ke belakang hingga sejajar dengan bahu.

Lakukan gerakan seperti kura-kura ini lebih dari 10 kali setiap jamnya untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Halaman
1234
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved