Berita Balangan

Bupati Ansharudin Canangkan Gerakan Pilah Sampah, Bagikan Kantongan Belanja Daur Ulang

Bupati Balangan, Ansharuddin resmi mencanangkan Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah di Kabupaten Balangan

Bupati Ansharudin Canangkan Gerakan Pilah Sampah, Bagikan Kantongan Belanja Daur Ulang
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, Ansharuddin secara simbolis meresmikan pencanangan Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah untuk Kabupaten Balangan.jpg 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Bupati Balangan, Ansharuddin resmi mencanangkan Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah di Kabupaten Balangan yang ditetapkan pada Kamis (21/11/2019).

Program yang ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Balangan tersebut nampak diminati oleh sejumlah warga. Khususnya siswa sekolah.

Bahkan sejak adanya surat edaran Bupati Balangan perihal pengurangan sampah plastik, sejumlah sekolah mulai mewajibkan siswanya membawa botol minum atau tumbler yang bisa digunakan berkali-kali.

Pada acara yang digelar di Terminal Paringin, Jalan A Yani, 0 KM, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan itu pula, Pemkab Balangan bekerjasama dengan CSR membagikan tumbler dan kantong belanja daur ulang kepada siswa dan masyarakat.

Dinyinyiri Fans Via Vallen, Ayu Ting Ting Dapat Pembelaan Inul Daratista, Iri ke Sohib Robby Purba?

Reaksi Cuek Syahrini Saat Kehamilannya Dipertanyakan Sang Sahabat, Istri Reino Barack Jawab Ini

Pasutri Ini Bekerjasama Membuat Uang Palsu dan Menyebarkannya di Amuntai Kabupaten HSU

Hadapi Persib Bandung, Barito Putera Boyong 20 Pemain Termasuk Tiga Pemain Timnas Ini

Mereka menukarkan botol minum atau gelas minum sekali pakai untuk tumbler dan kantong belanja daur ulang tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Pemkab Balangan melalui bantuan CSR juga mendapatkan satu mobil pengangkut sampah dan beberapa unit bak sampah serta tumbler. Bahkan, Bupati Balangan, Ansharuddin mengendarai langsung mobil tersebut untuk mencobanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa menerangkan, gerakan pilah sampah dari rumah sudah digalakan sejak Oktober lalu. Secara bertahap, sosialisasi pun dilakukan kepada masyarakat. Terutama sekolah.

Apalagi tambahnya, saat ini telah ada program nasional untuk penanganan sampah, yakni Kebijakan Strategi Nasional untuk penanggulangan sampah di Indonesia. Setiap Kabupaten pun diwajibkan untuk melakukan hal tersebut dengan target 70 persen penanganan dan 30 persen pengurangan sampah hingga tahun 2025 mendatang.

"Dalam aksi nyata untuk melaksanakan kebijakan tersebut, tentunya kita perlu mengadakan program pengurangan sampah. Satu di antaranya gerakan pilah sampah dari rumah. Dari merubah pola hidup atau pola pikir masyarakat terhadap pentingnya kebersihan, mudahan terjadi perubahan untuk pengurangan dan penanganan sampah di Balangan," jelas Musa.

Pemkab Balangan ucap Musa juga telah menerapkan larangan penggunaan botol minum atau gelas minum sekali pakai pada agenda rapat pemerintahan, perusahaan, serta sekolah.

Pencanangan gerakan nasional pilah sampah dari rumah tersebut ujar Bupati Balangan, Ansharuddin harus direalisasikan.

Dimana dalam penanganannya dimulai dari diri masing-masing dan keluarga. Baik anak-anak maupun orang dewasa.

"Sekarang mari upayakan untuk membuang sampah, terutama sampah plastik tidak sembarangan. Termasuk juga merubah penggunaan botol minum sekali pakai dengan memanfaatkan tumbler," ajaknya.

BREAKING NEWS : Pasutri Pembuat Uang Palsu di Amuntai Ditangkap Polres HSU

Rumah Terancam Digusur Pemkab Banjar, Begini Harapan Ngudiyo

Pria Tewas Penuh Luka di Sigam Kotabaru, Korban dan Pelaku Dikabarkan Sempat Pesta Miras

Sebagai pimpinan wilayah pun ujar Ansharuddin ia juga mulai menggunakan tumbler untuk pengurangan sampah plastik. Selain itu, juga diterapkan pada sekolah. Ada pula penerapan pengurangan sampah kantong plastik yang menyediakan kantong belanja daur ulang pada beberapa toko retail modern di Balangan.

Ia juga berharap seluruh masyarakat di Kabupaten Balangan mulai menerapkan hal tersebut. Baik pada tingkat kecamatan maupun desa. (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved