Banjarbaru Pemenang 2019

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara 2019 di Banjarbaru, ini yang Ingin Dicapai

Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menghadiri sekaligus membuka secara langsung kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran

Humas Pemko Banjarbaru
sosialisasi peningkatan kesadaran bela Negara 2019 di Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menghadiri sekaligus membuka secara langsung kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran bela Negara 2019 di Banjarbaru.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, (21/11) ini diikuti peserta sebanyak 150 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, lembaga pendidikan dan yayasan, ormas, parpol, bem, osis dan berbagai lembaga lainnya se Kota Banjarbaru.

Kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran bela Negara tahun 2019 ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan menumbuhkan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

sosialisasi peningkatan kesadaran bela Negara 2019 di Banjarbaru.
sosialisasi peningkatan kesadaran bela Negara 2019 di Banjarbaru. (Humas Pemko Banjarbaru)

Dengan tujuan menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air bagi setiap WNI dan rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan nilai UUD 1945.

Serta meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam usaha pembelaan negara yang dilandasi kecintaan pada tanah air.

Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan kegaitan seperti ini sangat penting diperlukan karena sangat strategis dalam upaya meningkatkan pemahaman terkait peningkatan kesadaran bela Negara dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan kebhinnekaan.

"Kegiatan ini sangat sesuai dengan karakter yang terdapat di masyarakat Kota Banjarbaru yaitu karakter cinta tanah air," katanya.

Menurutnya, nilai karakter yang ada di dalam diri seseorang sangat diperlukan karena dengan nilai-nilai karakter yang bagus dapat menjadikan keharmonisan dan memiliki rasa kekokohan cinta tanah air yang sangat kuat.

Bela negara bagi setiap warga Negara Indonesia adalah hak, sekaligus menjadi kewajiban untuk menghadapi semua ancaman dan tantangan yang sedang dihadapi bangsa kita saat ini dan masa yang akan datang.

Oleh karena itu diperlukan kesamaan sikap dan kebulatan tekad melawan bentuk ancaman, tantangan, gangguan, yang dapat menganggu kondisivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Untuk membangun karakter bangsa yang memiliki ciri dan karakteristik cinta tanah air ini maka diperlukan pemahaman dari seluruh komponen bangsa akan konsepsi bela negara.

Utamanya menganai nilai-nilai, dasar bela negara, konsensus dasar berbangsa dan bernegara untuk persatuan dan kesatuan bangsa, konsepsi dan kebangsaan, integritas moral, etika dan supremasi hukum serta kearifan lokal dan keunggulan lokal untuk kesejahteraan masyarakat. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved