Public Services

Mohon Tertibkan Travel Tanpa Izin yang Ada di Barabai Hulu Sungai Tengah

Yth. Kakanwil Kemenag Provinsi Kalsel. Terkait masalah travel umroh, di daerah kami, Barabai ada travel yang katanya tidak berizin

Mohon Tertibkan Travel Tanpa Izin yang Ada di Barabai Hulu Sungai Tengah
irfani rahman
Kepala Kantor Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Noor Fahmi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Yth. Kakanwil Kemenag Provinsi Kalsel. Terkait masalah travel umroh, di daerah kami, Barabai ada travel yang katanya tidak berizin menerima dan memberangkatkan umrah.

Uniknya, harga jauh lebih murah dibanding travel resmi, banyak masyarakat tertarik dengan harga yang murah, tapi banyak juga yang merasa waswas akan sepak terjangnya, takutnya gagal berangkat dan lebih parah takut tertipu karena ikut travel abal-abal.

Mohon ditertibkan pak, sebelum keluarga-keluarga kami terbengkalai, akhirnya malu semua dan masyarakat akan menyalahkan instansi karena kurangnya pengawasan dan tindakan. 082251308386

TANGGAPAN:
SEBELUMNYA kami mengucapkan terimakasih banyak atas informasi yang disampaikan dan akan segera kita tindak lanjuti dengan pembinaan ke daerah.

Perlu kami sampaikan bahwa update terbaru Daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang resmi beroperasi di Kalimantan Selatan, baik sebagai kantor pusat atau kantor cabang bisa di lihat di www.hajikalsel.kemenag.go.id di bagian menu Basis Data. Ini penting untuk diketahui oleh masyarakat agar tidak salah memilih biro perjalanan ibadah umrah.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 221 Tahun 2018 Tentang Biaya Penyelenggaraaan Ibadah Umrah Referensi adalah sebesar Rp 20.000.000, dan apabila dalam penetapan biaya di bawah harga referensi, maka PPIU wajib melaporkan secara tertulis kepada Direktur Jenderal penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Oleh karenanya melalui media ini kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat sebelum memilih biro perjalanan umrah pastikan dulu 5 pasti umrah, yaitu :

1. Pastikan Biro Perjalanannya mempunyai izin Kemenag, Ini adalah prinsip pertama kepastian umrah. Setiap calon jamaah umroh hendaknya memastikan kredibilitas Travel Umrah yang akan melayani perjalanan umrahnya. Meliputi perizinan, struktur manajemen, track recordnya dan juga kantornya.

2. Pastikan Jadwal Keberangkatannya, Kepastian Jadwal Keberangkatan sangatlah penting. Setiap calon jemaah berhak untuk mendapatkan kepastian ini. Tentu saja ini berkaitan dengan jemaah untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dan lebih matang.

3. Pastikan terbangnya. Kepastian mendapatkan sarana transportasi terutama tiket pesawat, apabila calon jamaah belum mendapatkan kepastian ini, maka ada potensi dia gagal berangkat atau terjadi penundaan keberangkatan.

4. Pastikan hotelnya. Hotel atau penginapan di Saudi Arabia ketika melaksanakan umrah tentu sangat penting. Biasanya hotel yang di peruntukan untuk jemah umroh tidaklah sembarang hotel. Hotel tersebut sudah mendapatkan sertifikasi khusus dari pemerintahan kerajaan Arab Saudi sebagai hotel yang layak untuk penginapan jemaah.

5. Pastikan Visanya. Visa merupakan dokumen pemberian izin dari pemerintah Arab Saudi kepada siapa pun untuk melaksanakan umroh di negara tersebut. Visa diterbitkan oleh kedutaan besar Arab Saudi yang ada di negara tempat si pemohon Visa berada.

DRS H NOOR FAHMI, MM, Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved