Berita Banjarmasin

Jalan Kamboja Banjarmasin Dipasang Pelican Crossing, Ini Fungsinya Bagi Penyeberang Jalan

Sebuah alat yang nanti akan membantu para penyeberang jalan di Banjarmasin atau yang biasa disebut Pelican Crossing terpasang di Jalan Kamboja

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani
Kondisi traffic light Pelican Crossing di Jalan Adenansi Kota Banjarmasin Kalsel yang nyaris tertutup dahan pohon 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada yang berbeda jika melewati Jalan Anang Adenansi atau biasa disebut Kamboja Kota Banjarmasin Kalsel, sejak Sabtu (23/11/2019) tadi.

Tepat di depan SDN Antasan Besar 1 atau samping ruang terbuka hijau milik pemerintah kota Banjarmasin tersebut kini telah berdiri dua buah tiang berwarna keperak-perakan.

Melekat tiga lampu berwarna di atasnya, namun alat tersebut bukanlah traffic light yang biasa digunakan di persimpangan jalan.

Melainkan sebuah alat yang nanti akan membantu para penyeberang jalan di Banjarmasin atau yang biasa disebut Pelican Crossing.

LIVE INDOSIAR! Live Streaming TV Online PSM Makassar vs Bali United Liga 1 2019, Tak Live Usee TV

Cegah Ban Terkunci Saat Rem Mendadak di Musim Hujan, Begini Cara Kerja Rem ABS di Mobil

Pacar Pergi Uang Pun Dicuri, Bule Belanda Ini Nekat Bunuh Diri, Tulis Surat Wasiat untuk Wayan Werka

Warga MTsN 2 Tapin Dua Hari Kumpulkan Pakaian Bekas Layak Pakai, Demi Peringati Hari Jadi Kabupaten

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik pun membenarkan tentang fasilitas umum baru tersebut. Ia menamakan fasilitas itu dengan sebutan Pelican Crossing.

" Jadi, Pelican Crossing adalah pengembangan dari zebra crossing dengan penambahan lampu lalu lintas dan tombol untuk penyeberang. Kemudian, kenapa disebut Pelican karena ketika tombol nanti ditekan, dia akan mengeluarkan bunyi seperti burung pelikan untuk peringatan kepada pengendara agar berhenti," jelasnya

Diakui Ichwan meski saat ini keberadaan Pelican Crossing yang terpasang di Jalan H Adenansi tersebut sampai Sabtu ini masih belum beroperasi, namun ia berjanji fasilitas tersebut akan secepatnya difungsikan.

" Iya, secepatnya akan dioperasikan," pungkasnya.

Ichwan juga mengatakan selain di kawasan Taman Kamboja, pemasangan Pelican Crossing saat ini sebetulnya juga telah terpasang di kawasan Jalan Pangeran Samudera atau depan Masjid Noor Banjarmasin.

" Iya jadi ada dua Pelican yang sudah kami pasang. Satu di Taman Kamboja dan satu lagi di depan masjid Noor," jelasnya.

Sementara Bandi, seorang petugas parkir parkir di taman Kamboja saat dimintai tanggapannya mengenai keberadaan fasilitas baru tersebut mengaku menyambut baik.

Menurutnya, keberadaan Pelican Crossing di Jalan Adenansi saat ini sudah sangat tepat mengingat lokasinya yang berada di depan sekolah dasar dan ruang terbuka hijau.

" Sehingga jika ada yang ingin menyeberang jalan, mereka pun bisa lebih aman dan nyaman memanfaatkan fasilitas tersebut nantinya," jelas Bandi.

PENYESALAN Raffi Ahmad Nikahi Nagita Slavina, Eks Tyas Mirasih Ngaku Gigi Bukan Wanita Idaman, Tapi?

Lubang Tambang Emas PETI di Sarolangun Jambi Longsor, 2 Orang Tewas di Tempat

Mazda CX-5 Facelift Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Meskipun ada satu hal yang menjadi masukkannya terhadap dinas terkait. Yakni keberadaan traffic light Pelican Crossing yang hampir tertutup dengan dahan pohon sehingga perlu pemangkasan.

" Ya kalau bisa sih dipangkas saja. Karena bila dibiarkan, justru kawatirnya akan menutup lampu penanda," jelas Bandi. (banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved