Ekonomi dan Bisnis

Rangkul Pekerja yang Terkena PHK, BPJamsostek Bakal Gelar Vokasi di Banjarmasin

Vokasi diperuntukkan bagi pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pemutusan kontrak dari suatu perusahaan.

Rangkul Pekerja yang Terkena PHK, BPJamsostek Bakal Gelar Vokasi di Banjarmasin
istimewa
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Banjarmasin, Opik Taufik. Mariana. 

BANJARMASINPOST.CO.ID. BANJARMASIN - Vokasi atau pelatihan kerja merupakan program baru dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek bagi masyarakat.

Vokasi diperuntukkan bagi pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pemutusan kontrak dari suatu perusahaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Banjarmasin, Opik Taufik menjelaskan, pekerja yang terkena PHK akan dirangkul dan dibina untuk mempelajari keahlian di luar dari keahliannya semasa bekerja.

"BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan BLK dan LPK-LPK swasta untuk melatih berbagai macam keahlian, semuanya difasilitasi oleh BPJS Ketenagakerjaan," tuturnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Tidak hanya seluruh proses pelatihan yang dibiayai, peserta vokasi juga akan mendapatkan uang saku. Untuk kawasan Banjarmasin kisaran Rp 70.000 per hari untuk satu orang tergantung rumus perhitungan upah minimun kabupaten/kota (UMK).

Sosialiasi UMK di Banjarmasin, Tak Mampu Bayar UMK Wajib Surati Dinas Tenaga Kerja

Presiden Jokowi Umumkan 7 Staf Khusus dari Kalangan Milenial di Beranda Istana

Program vokasi sudah pernah dijalankan di Kantor cabang Balikpapan yang tersedia kuota 500 pekerja. Namun dalam pelaksanaan kuota tidak terpenuhi, sebab itu disebar atau dibagi kuotanya ke beberapa kota di Kalimantan, di antaranya Samarinda dan Pontianak.

"Di Banjarmasin masih belum ada, namun peminatnya sudah ada dengan beragam permintaan keahlian. Yang sudah berjalan di kota lain ada kursus komputer dan perhotelan," imbuhnya.

Pada 2020 mendatang, vokasi diharapkan sudah bisa dilaksanakan di Banjarmasin dan kota-kota lainnya. Pihaknya berharap keahlian yang ditekuni ketersediaan pasar kerjanya bisa terserap lebih banyak. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved