Berita Kalteng

65 Pejabat Administrator di Lingkungan Pemkab Kapuas Ikuti Pemetaan Kompetensi

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas mengadakan pemetaan kompetensi (talent pool) diikuti oleh 65 pejabat

65 Pejabat Administrator di Lingkungan Pemkab Kapuas Ikuti Pemetaan Kompetensi
Foto dari BKPSDM Kapuas
Sebanyak 65 orang Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas mengikuti pemetaan kompetensi, di Hotel Aria Barito Banjarmasin, 22-23 November 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas mengadakan pemetaan kompetensi (talent pool) diikuti oleh 65 pejabat administrator.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi (PPAK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini berlangsung sejak 22 - 23 November 2019 di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Adapun kegiatan asesment yang dilakukan yaitu tes Psikometri, problem analysis, self report, leaderless group discussion dan behavioral event interview.

Lalu aspek yang diukur pada pemetaan kompetensi tersebut yaitu aspek potensi meliputi kapabilitas berpikir, sikap kerja, motivasi dan karakter.

Teka-teki Video Syur Gisella Anastasia Terbongkar via Eks Gading Marten, Tantangan Pakar Terjawab!

Ahok Dijadikan Tumbal Lawan Mafia Migas, Eks Veronica Tan Disebut Tak Cocok Jadi Komut Pertamina

Perceraian Krisdayanti & Raul Lemos Diingini Sosok Ini? Yuni Shara Bereaksi ke Ibu Aurel Hermansyah

Kemudian aspek manajerial yang meliputi integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola keputusan dan terakhir pada aspek sosial kultural meliputi perekat bangsa.

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Aswan melalui Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur, Yunantoro Pujianto mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan itu merupakan yang pertama kali dilaksanakan dan akan menjadi program yang bekelanjutan di masa yang akan datang.

"Peserta kegiatan sebanyak 65 orang Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas," katanya.

Terkait kerjasama dengan ULM Banjarmasin, dirinya menjelaskan bahwa ini merupakan kerjasama kali kedua.

"Sebelumnya Pemkab Kapuas telah bekerjasama dengan PPAK ULM pada sesi kegiatan yang serupa yaitu uji kompetensi untuk peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama yang dilaksanakan pada 7-12 September 2019 yang lalu," ungkapnya.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas, Ilham Anwar menyampaikan bahwa Kompetensi sudah menjadi salah satu tolok ukur kemampuan seseorang dalam bekerja.

"Guna mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berkapasitas dan mampu mengangkat kinerja organisasi. Dengan pemetaan kompetensi tersebut menjadi bukti komitmen pemerintah untuk mendorong kemajuan Pemerintah Kabupaten Kapuas," katanya saat menyampaikan sambutan di acara tersebut.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ahmad M Saribi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas H Junaidi, Segenap Kepala Perangkat Daerah terkait dan Tim Asesor dari PPAK Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved