Berita Kabupaten Banjar

Menuju Haul ke-15 Guru Sekumpul, Saluran Drainase Diperbaiki, Penginapan Gratis Mulai Disiapkan

Demi kelancaran jalannya acara haul ke-15 K.H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang lebih akrab disapa Abah Guru Sekumpul, berbagai persiapan

Menuju Haul ke-15 Guru Sekumpul, Saluran Drainase Diperbaiki, Penginapan Gratis Mulai Disiapkan
Dok Banjarmasinpost.co.id
Suasana Perkomplekan Kubah Makam KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Demi kelancaran jalannya acara haul ke-15 K.H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang lebih akrab disapa Abah Guru Sekumpul, berbagai persiapan terus digeber.

Seperti yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Banjar, melakukan perbaikan saluran drainase di beberapa titik.

Kepala Bidang SDA, Ade Rozali, mengatakan menjelang peringatan haul Ke-15 Abah Guru Sekumpul, saat inisedang berlangsung perbaikan saluran drainase, diantaranya di wilayah Sekumpul Ujung, Tanjung Rema dan jalan tembus Jalan Pendidikan dari jalan utama Sekumpul.

“Kemarin sudah ada perbaikan, yang paling baru di simpang 4 sekumpul,” ujarnya

Kabar Terbaru Veronica Tan Kala Istri Ahok (BTP), Puput Nastiti Devi Disebut-sebut Lahiran

Perceraian Krisdayanti & Raul Lemos Diingini Sosok Ini? Yuni Shara Bereaksi ke Ibu Aurel Hermansyah

Sebab Utama Irma Darmawangsa Derita Kista Diungkap Ustadz Dhanu, Berkait Barbie Kumalasari & Irfan?

Adapun jenis perbaikan yang dilakukan, kata Ade, selain di wilayah Tanjung Rema yang full rehab, di titik lain hanya dilakukan rehab atau perbaikan kecil.

“Yang utamanya dapat menyalurkan air, dan tidak mampet lagi,” katanya.

Ditambahkan Ade, pihaknya berupaya menyelesaikan perbaikan drainase bisa tuntas sebelum dilaksanakannya kegiatan haul.

“Kendalanya yang pasti karena lalu lintas di sana padat, jadi kegiatan kadang terganggu. Namun kita usahakan dapat selesai sebelum haul,” tuturnya.

Sementara untuk saluran drainase jalan utama sekumpul, diakui Ade, kondisinya saat ini memang sudah tidak memadai kapasitasnya.

“Kita siap melakukan perbaikan, jika didukung dengan anggaran. Namun yang pasti sebelum haul, kita akan melakukan pembersihan saluran drainase di jalan utama sekumpul itu,” ucapnya.

Ade juga mengimbau kepada masyarakat dan para pedagang yang berjualan di sekitaran jalan utama sekumpul, agar tidak membuang sampah ke dalam saluran drainase, karena dapat menyumbat air yang mengalir di saluran tersebut.

Persiapan lainnya seperti yang dilakukan di sejumlah lokasi, Laila mengatakan warga Tunggulirang Martapura sudah rapat persiaapan haul, membahas persiapan penginapan dan jalur-jalur yang akan dilalui jamaah haul nanti.

"dan insyaallah kami seperti tahun-tahun sebelumnya akan menyediakan penginapan gratis untuk memudahkan para jemaah haul nantinya dan mudah-mudahan dilancarkan segala sesuatunya dengan berkat abah guru sekumpul amiiin," kata dia.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved