Puting Beliung di Kalsel

BREAKING NEWS : Puluhan Rumah hingga Musala Rusak Berat, Puting Beliung Sapu Beruntung Baru

Hujan deras disertai puting beliung menyapu kawasan Kecamatan Beruntung baru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (24/11/2019)..

Penulis: Nia Kurniawan | Editor: Elpianur Achmad
istimewa/Polsek Beruntung baru untuk BPost.
Rumah warga di Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, ambruk diterjang puting Beliung, Minggu (24/11/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hujan deras disertai puting beliung menyapu kawasan permukiman waraga Kecamatan Beruntung baru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (24/11/2019).

Puluhan rumah alami kerusakan di sejumlah desa bahkan tiang listrik beton ada yang sampai patah.

Musibah itu terjadi sekitar pukul 15.30 WITA. Warga menyelematkan diri, bahkan jajaran Polsek Beruntung baru yang masuk wilayah hukum Polres Banjarbaru langsung bergegas blusukan cepat ke lokasi menembus cuaca buruk itu.

Hal tersebut dilakukan agar proses evakuasi dan pendataan bisa cepat dilakukan, sehingga untuk langkah bantuan bisa segera dilakukan.

"Ya benar dii Wilayah Kecamatan Beruntung Baru telah terjadi bencana alam berupa Puting Beliung yang menghancurkan bangunan tinggal milik warga masyarakat. Tidak ada korban jiwa," ucap Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso melalui Kapolsek Beruntung Baru Iptu Khamdari S.E kepada reporter banjarmasinpost.co.id.

Ibu Ini Histeris Saksikan Bayi 4 Bulan Diterbangkan Puting Beliung, Ditemukan di Reruntuhan Atap

Korban Puting Beliung Pantai Hambawang Batola Ditampung di Rumah Keluarga

Paman Birin Serahkan Tiga Sumber Bantuan Bernilai Ratusan Juta untuk korban kebakaran Pulau Sebuku

Cukup banyak kerusakan yang terjadi Iptu Khamdari merincikan untuk di Desa Kampung baru saja dua rumah alami kerusakan, satu rumah tinggal dalam keadaan rusak berat dan satu rumah lainnya rusak ringan.

"Di Desa Salat Makmur bahkan ada 24 bangunan alami rusak. Diantaranta Di desa ini satu gudang milik Gapoktan juga alami kerusakan sampai satu pos jaga milik BUMDES Desa Salat Makmur rusak. Empat rumah tinggal dalam keadaan rusak berat, 18 buah rumah tinggal dalam keadaan Rusak Ringan," bebernya.

Musibah puting beliung yang terjadi juga merusak bangunan di Desa Jambu raya.

Sebanyak 26 bangunan alami kerusakan. Di antaranya enam buah rumah tinggal dalam keadaan Rusak Berat. Sebanyak 20 buah Rumah tinggal dalam keadaan rusak ringan, satu buah menara Musala dalam keadaan rusak ringan.

Warga Beruntung baru membenahi kondisi rumah mereka yang rusak parah diterjang puitn beliung, Minggu (24/11/2019)
Warga Beruntung baru membenahi kondisi rumah mereka yang rusak parah diterjang puitn beliung, Minggu (24/11/2019) (istimewa/Polsek Beruntung baru untuk BPost.)

Kerusakan juga terdata di Desa Haur kuning, satu tiang listrik beton kondisi patah, satu buah Musala dalam keadaan rusak berat. Tiga buah rumah tinggal dalam keadaan rusak berat. dua buah rumah tinggal dalam keadaan rusak ringan.

Kemudian masih di kecamatan beruntung baru, Desa pindahan baru juga ada kerusakan yakni satu buah tiang listrik beton kondisi patah. satu buah tiang listrik Beton dalam Kondisi sampai Miring akibat disapu puting beliung.

"Untuk korban jiwa Nihil. Untuk sementara personil Polsek Beruntung Bsru bersama Aparat Desa dan Warga Masyarakat membantu warga yang kena musibah bencana puting beliung," ucap Iptu Khamdari.

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, H Irwan Kumar, ketika dikonfirmasi membenarkan terkait musibah itu. " Iya betul, kami terus lakukan koordinasi dengan pihak kecamatan," katanya.

Dikatakannya di Kabupaten Banjar memang ini hadapi musibah angin puting beliung , "sebelumnyabdua Minggu terakhir ini musibah angin puting beliung terjadi di sejumlah desa dan kecamatan seperti gambut, tatah makmur, beruntung baru, sungai Tabuk, ," ucapnya

Pasca Puting Beliung Terjang Kecamatan Gambut, Polsek Gambut Bergerak Lakukan Ini

Korban Puting Beliung Pantai Hambawang Batola Ditampung di Rumah Keluarga

Dikatakannya lebih lanjut, pihaknya segera lakukan tanggap darurat. Diimbaunya, agar para camat dan pembakal sigap dalam melakukan pendataan pasca musibah, lakukan sesegara mungkin. Pasalnya dari data itu sangat penting untuk pengurusan bantuan.

Kondisi bangunan milik warga yang atapnya menghilang setelah diterjang puting beliung.
Kondisi bangunan milik warga yang atapnya menghilang setelah diterjang puting beliung. (istimewa/Polsek Beruntung baru untuk BPost.)

Jadi dari data itu dapat segera dilakukan pengajuan jadi bantuan dapat segera disampaikan. Bencana datangnya tidak bisa diduga , jadi harus siap.

"Sementara ancaman masih Puting beliung, banjir belum karena curah hujan belum tinggi. Diprediksi Pertengahan desember akan mulai hujan yang rawan sebabkan banjir , Desember awal nanti rakor apel siaga kesiapan antisipasi banjir," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved