Berita HSS

Turis Asing Ikut Bamboo Rafting, Festival Loksado 2019 Masuk Calendar of Event Wonderful Indonesia

Puncak Festival Loksado 2019 yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yaitu Bamboo Rafting digelar

Turis Asing Ikut Bamboo Rafting, Festival Loksado 2019 Masuk Calendar of Event Wonderful Indonesia
Dinas Kominfo HSS untuk Banjarmasinpost
Salah satu wisatawan asing yang meramaikan Bamboo Rafting di Festival Loksado 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Puncak Festival Loksado 2019 yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yaitu Bamboo Rafting digelar Minggu (24/11/2019).

Kegiatan Balanting Paring, tersebut dilaksanakan sejak pagi, peserta dilepas Sekda Provinsi Kalsel H Abdul Haris Makkie bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad sekitar pukul 08.00 wita.

Hadir pada event tersebut, Tenaga Ahli Menteri Bidang Managemen Calendar of event Kementrian Pariwisata RI Esthy Reko Astuti.

Balanting paring dalam rangka menyambut HUT HSS ke 69 tersebut, diikuti peserta dari berbagai daerah, termasuk wisatawan dari luar negeri yaitu untuk kategori family trip.

Lamaran Pria Tak Terduga ke Ayu Ting Ting Diungkap Ayah Rozak, Bukan Robby Purba, Raffi Ahmad & Igun

Ikhlas Ashanty Jika Meninggal Dunia Setelah Sakit Autoimun, Istri Anang Hermansyah Lelah Ditusuk Ini

Mereka berasal dari Belanda, Rusia dan German, sehingga total lanting Paring di Festival Loksado tersebut mencapai 100 lanting.

Tiga wisatawan asing itupun terlihat gembira dan senang serta menikmati perjalanan unik mengarungi arus sungai dengan rakit bambu tersebut.

Sekdaprov Kalsel Haris Makkie mengatakan festival Loksado merupakan kebanggaan Pemprov Kalsel, karena selalu disambut antusias peserta yang mengikuti mengikuti kegiatan ini sangat unik tersebut.

Apalagi, semangat Pemkab HSS untuk melaksanakan event tersebut secara terus menerus dan berkelanjutan benar-benar direalisasikan.

‎"Kami Pemprov Kalsel juga akan terus memberikan support dan intervensi dalam rangka membantu pengembangan-pengembangan pariwisata di Kalsel, khususnya di Loksado sebagai wisata andalan Kalsel," ucapnya.

Sedangkan Tenaga Ahli Menteri Bidang Managemen Calendar of event Kementrian Pariwisata RI menyatakan apresiasi atas dilaksanakannya festival Loksado 2019.

Terlebih Festival Loksado telah masuk dalam Calendar of event wonderful Indonesia.

"Untuk bisa masuk dalam Calender of event wonderful Indonesia itu tidak mudah. Banyak tahapan-tahapan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Ini artinya, sebuah kebanggaan bagi Pemkab HSS event Festival Loksado, masuk kalender nasional tersebut," katanya.

Festival Loksado diselenggarakan selama tiga hari sejak 22 Nipember 2019. Selain Bamboo rafting, kegiatan menarik lainnya adalah Festival Mahumbal, atau memasak nasi dan lauk secara tradisional tanpa peralatan panci dan peralatan modern lainnya, tapi menggunakan ruas batang bambu jenis buluh, plus daun lirik yang hanya ada di pegunungan Meratus.

Mahumbal tersebut diikuti warga seluruh desa di Kecamatan Loksado.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved