Berita Banjarbaru

Kepala BPLH Kalsel Ikhlas Indar Harapkan 11 Kabupaten di Kalsel Tahun ini Dapat Adipura

Penilaian Adipura mulai dilakukan dan sedang tahap penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup. Nah kaitan itu Pemprov Kalsel, optimis jumlah penerima

Kepala BPLH Kalsel Ikhlas Indar Harapkan 11 Kabupaten di Kalsel Tahun ini Dapat Adipura
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Kepala BPLH Kalsel Ikhlas Indar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Penilaian Adipura mulai dilakukan dan sedang tahap penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup. Nah kaitan itu Pemprov Kalsel, optimis jumlah penerima Adipura tahun ini bertambah menjadi 11 kabupaten kota.

Dimana sebelumnya pada tahun 2018, hanya 9 kabupaten kota mendapatkan penghargaan Adipura dan dua mendapatkan sertifikat.

"Proses penilaian saat ini sudah selesai dilaksanakan dan tinggal menunggu pengumuman hasil penilaian tersebut. Harapan kami penerima Adipura tahun ini dapat bertambah seiring dengan peningkatan di dua kabupaten yang tahun lalu hanya mendapatkan sertifikat, Yakni kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Utara, Sedangkan kabupaten Kotabaru diharapkan juga mendapatkan penilaian baik pada tahun ini, " urai Ikhlas Indar.

Kaitan dengan Adipura ini, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan sudah menyiapkan sebanyak sembilan armada truk dan dua unit mobil bak terbuka untuk diberikan kepada kabupaten kota.

" Rencananya hadiah ini akan diserahkan langsung gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor pada Desember nanti, pas pengumuman Adipura," kata dia.

Kerugian Akibat Puting Beliung di Tanahlaut Ratusan Juta, BPBD Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Tim Penilai Adipura Tiba di Kantor Wali Kota Banjarmasin, Bank Sampah di Lingkungan Pemko Pun Dicek

Disebutkan Ikhlas Indar, hibah truk tersebut bentuk perhantian dan kepedulian Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dalam hal kebersihan.

Pada tahun sebelumnya dari 13 kabupaten/kota hanya Pemkab Kotabaru yang tidak mendapatkan hibah truk.

Sedangkan tiga daerah selain mendapatkan truk dum juga diberikan swifer atau truk pembersih.

Pemko Banjarmasin, Banjarbaru, dan Pemkab Banjar diberikan tambahan hibah karena yang bersangkutan teras provinsi. Tidak hanya itu, ke tiga daerah tersebut juga beberapa kali mendapatkan Piala Adipura.

Truk penyapu jalan diberikan kepada peraih Adipura kota besar dengan nilai minimal 74, kota sedang nilai minimal 75, dan kota kecil nilai minimal 75 selama tiga tahun berturut-turut.

Maju Cabup Banjar, Sekda Banjarbaru Said Abdullah Al Kaff Lamar PAN Banjar

Kerugian Akibat Puting Beliung di Tanahlaut Ratusan Juta, BPBD Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Di Banjarbaru, juga sudah dan tengah dinilai Adipura, dimana sebelumnya pasar Ulin juga sempat dibersihkan karena untuk penilaian Adipura.

Kadis LH Banjarbaru, Sirajoni,  Pasar ulin sebagai salah satu lokasi penilaian Adipura.

"Kami cuma membantu Dinas Perindag sebagai Dinas yang punya kewenangan terhadap pasar. Selain untuk penilaian adipura juga adalah untuk pembersihan drainase yang kemungkinan tidak berfungsi," tandasnya. (banjarmasinpost.co.id/lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved