Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Berharap Panjang Umur Nenek 94 Tahun Ikut Baayun Maulid di Masjid Sultan Suriansyah

Namun ternyata pada kegiatan Baayun Maulid Tahun 2019 di Masjid Sultan Suriansyah diikuti juga oleh wanita yang tak lagi muda.

ANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bulan Maulid biasanya diperingati oleh masyarakat muslim di Indonesia termasuk di Kalsel yang miliki tradisi unik yaitu Baayun Maulid untuk peringati bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Walaupun tradisi Baayun Maulid identik dengan peserta anak-anak, namun ternyata pada kegiatan Baayun Maulid Tahun 2019 di Masjid Sultan Suriansyah diikuti juga oleh wanita yang tak lagi muda.

Hj Jum'ah yang berusia 94 tahun menjadi peserta paling tua yang ikuti prosesi Baayun Maulid yang digelar Panitia Masjid Sultan Suriansyah pada Minggu (17/11/2019).

Seperti peserta lainnya, menggunakan baju terusan panjang putih, Hj Jum'ah juga ikut duduk di atas ayunan yang dirangkai dari dua helai kain tapih dan kain kuning.

Pada bagian atas ayunan juga digantungi berbagai benda lainnya termasuk kue-kue jajanan pasar khas Banjar dan buah-buahan.

Pendaftaran CPNS Besok Ditutup, Dua Formasi Ini di Kotabaru Masih Belum Ada Pelamar

Sediakan Layanan Digital Lebih Baik, Bank Kalsel Ingin Jadi Pemimpin Pasar di Kawasan Regional

20 Pasangan Suami Istri Warga Tapin Diisbat Nikah, Peserta Langsung Dapat Buku Nikah

Ia ditemani anak, cucu dan buyutnya terlihat khidmat mengikuti prosesi baayun sambil mendengarkan pembacaan Ayat Suci Alquran dan Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang dibacakan melalui pengeras suara.

Hj Jum'ah yang sudah memiliki 23 buyut ini mengaku hatinya tergerak untuk mengikuti kegiatan Baayun Maulid.

"Tidak ada niat apa-apa, cuma sekaligus berdoa mudah-mudahan sehat terus," kata Hj Jum'ah.

Ia tercatat sebagai peserta Baayun Maulid tertua yang tercatat oleh Panitia Baayun Maulid Masjid Sultan Suriansyah.

Sedangkan untuk peserta usia termuda, yaitu M Lutfi yang saat pelaksanaan Baayun Maulid baru berusia tujuh hari. Bahkan menurut neneknya, Sartiah, saat itu M Lutfi belum melewati prosesi aqiqah untuk memberikan nama.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved