Serambi Mekkah

Perkuat Promosi Produk IKM, Guru Khalil Launching Aplikasi Ini

Pengoperasian pasar online tersebut di-launching Bupati Banjar H Khalilurrahman, Senin (25/11) siang, di aula Dinas Perindag Kabupaten Banjar.

Perkuat Promosi Produk IKM, Guru Khalil Launching Aplikasi Ini
BPOST GROUP/ROY/MC KOMINFI BANJAR
WEJANGAN - Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan wejangannya pada para pelaku IKM Banjar, Senin (25_11) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pada era milenial saat ini publik sangat mafhum dunia telah memasuki revolusi industri 4.0 atau four point zero yaitu mesin berintegrasi jaringan internet. Mau tidak mau, suka tidak suka,para pelaku industri harus mengikuti perjalanan revolusi industri 4.0 jika ingin usahanya maju.

Jika tidak, usaha yang dikembangkan bakal jalan di tempat dan ketinggalan dari daerah atau negara-negara lain. Karena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar melakukan inovasi atau terobosan baru guna memperkuat pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Banjar.

Terobosan tersebut berupa penyediaan aplikasi untuk mempromosikan produk-produk IKM Kabupaten Banjar. Aplikasi yang bisa diunggah di Playstore tersebut dinamai Martapura Mall Online atau MamaLine.id.

Pengoperasian pasar online tersebut di-launching Bupati Banjar H Khalilurrahman, Senin (25/11) siang, di aula Dinas Perindag Kabupaten Banjar.

Petinggi Pemkab Banjar yang turut menghadiri yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar HM Hilman, Asisten Bidang Ekobang I Gusti Nyoman Yudiana, dan Kepala Disperindag Banjar I Gustu Made Suryawati.

Menandai launching MamaLine,id, Bupati mencoba menggunakan aplikasi tersebut yang tersambung di layar lebar sehingga semua tamu undangan dan pelaku IKM bisa melihat secara jelas. Selanjutnya Bupati didampingi rombongan melakukan pemotongan pita memungkasi rangkaian acara tersebut.

Ada beberapa fitur yang terdapat pada MamaLine.id. Fitur tersebut mengelompokkan produk IKM Kabupaten Banjar yang dipromosikan yakni Makanan dan Minuman, Pakaian, Aksesori, Kerajinan, Kecantikan, Peralatan, dan Lain-lain.

Bupati mengapresiasi pengoperasian MamaLine.id yang dibikin Dinas Perindag Kabupaten Banjar. "Tentu ini sangat bagus untuk mengembangkan IKM di daerah ini karena bisa melakukan promosi produk secara lebih luas," ucapnya.

Ia mengatakan pemerintahannya sangat serius membantu mengembangkan IKM. Berbagai upaya terus dilakukan, baik berupa pendampingan penyuluhan, promosi hingga melalui promosi secara daring atau online.

Sementara itu Sekda Banjar HM Hilman berharap para pelaku IKM di Kabupaten Banjar memanfaatkan MamaLine.id secara maksimal. Dengan begitu, produk yang dikembangkan makin diketahui publik secara lebih luas.

WEJANGAN - Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan wejangannya pada para pelaku IKM Banjar, Senin (25_11) siang.
WEJANGAN - Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan wejangannya pada para pelaku IKM Banjar, Senin (25_11) siang. (BPOST GROUP/ROY/MC KOMINFI BANJAR)

Promosi melalui dunia digital, sebutnya, saat penting dan efektif pada era kemajuan informasi teknologi saat ini. Pasalnya saat ini publik makin intens berinteraksi melalui dunia maya, baik pada social media maupun social chat. Transaksi jual beli pun kini makin intens di pasar online.

Kalangan pelaku IKM di Kabupaten Banjar antusias memanfaatkan MamaLine.id. Sedikitnya 150 IKM bahkan telah memajang produknya di pasar online tersebut. Masing-masing memajang foto-foto produk dilengkapi alamat tempat usaha, nomor telepon dan peta lokasi (GPS).

Sejak Senin (25/11) pagi mereka juga mengikuti sosialisasi sekaligus mengaplikasikan secara langsung MamaLine.id untuk mempromosikan produknya. Mereka dipandu tenaga IT dari Jakarta. Selain itu juga mendapat tambahan wawasan dari Ketua UMKM pusat dari Jakarta. (*/AOL)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved