Berita Tabalong

Dapatkan Izin Kemenhub Jadi Bandara Umum, Bandara Warukin Tawarkan Enam Rute Baru

Saat ini Bandara Warukin telah mendapatkan izin dari Kementrian Perhubungan untuk menjadikan Bandara Warukin menjadi Bandara Umum.

banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Saat ini Bandara Warukin telah mendapatkan izin dari Kementrian Perhubungan untuk menjadikan Bandara Warukin menjadi Bandara Umum. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bandara Warukin di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong saat ini memiliki dua rute penerbangan.

Penerbangan yang dilakukan PT Pelita Air Service yaitu Warukin – Muara Teweh, Warukin – Halim Perdana Kusuma.

Dan saat ini mereka tengah berupaya untuk adanya rute lain yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan Bandara Warukin.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Tabalong Zulfan Noor mengatakan Bandara Warukin merupakan aset PT Pertamina yang pengelolaannya bekerjasama dengan PT Pelita Air Service.

“Sedangkan kerjasama dengan Pemerintah Daerah adalah bagian operasional dan pekerja,” ungkapnya dalam kegiatan Airlines Gathering dan Komersialisasi Bandara Warukin Tanjung, Selasa (26/11/2019).

Personil Polres HSU Ini Tak Hadir di PTDH, Polisi Hadirkan Foto Brigadir Sucipto saat Upacara

Misteri Video Syur Gisella Anastasia Kian Terkuak, Eks Gading Marten Perlihatkan Bagian Tubuhnya?

SKOR 1-0! Live Streaming RCTI Timnas U-23 Indonesia vs Thailand, LINK UseeTV & TVRI Babak Pertama

Mark Up Anggaran hingga Rp 5,2 M, 19 Pegawai Disdik Kalteng Jadi Tersangka

Saat ini Bandara Warukin telah mendapatkan izin dari Kementrian Perhubungan untuk menjadikan Bandara Warukin menjadi Bandara Umum.

Dengan adanya izin ini maka Bandara Warukin bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak maskapai dan digunakan oleh masyarakat.

“Bukan hanya warga Tabalong namun kesempatan mendapatkan penumpang dari daerah lain seperti Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, Barito Timur (Kalteng), Paser (Kaltim),” ujarnya.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menambahkan, animo masyartakat sangat luar biasa jika Bandara Warukin bisa menyediakan rute yang lebih banyak. Pertemuan ini mengundang berbagai maskapai seperti Garuda Indonesia, Citylink, Lion Air, Wings Air dan Sriwijaya.

Rute yang ditawarkan ke maskapai dan diharapkan bisa dipenuhi adalah rute ke Banjarmasin, Balikpapan, Surabaya, Samarinda, Kotabaru dan Makassar.

“Potensi untuk mendapatkan penumpang sangatkah besar di Tabalong, terlebih adanya kerjasama dengan perusahaan yang memiliki ribuan karyawan dan sebagian berasal luar Kalimantan, belum ditambah dengan adanya perjalanan yang menyangkut pekerjaan ataupun kedinasan,” ungkapnya. Untuk rute masih dipertimbangkan karena juga ada masukan untuk rute Warukin - Jogjakarta.

Dengan berubahnya status dari Bandara Khusus menjadi Bandara Umum Bandara Warukin telah melalui uji kelayakan keselamatan dari Kementrian Perhubungan.

Terpisah Agung Purnama Area Manager Lion Air Wilayah Kalselteng mengatakan pihaknya akan melakukan observasi langsung ke Bandara Warukin, selain tentang keselamatan yang memang sudah prosedurnya perlu dilakukan pengecekan kembali juga observasi pangsa pasar.

Empat Formasi CPNS Masih Kosong, Sekda Tanbu Rooswandi Wacanakan ini

Sakit Hati Nikita Mirzani ke Agnez Mo yang Tak Akui Berdarah Indonesia, Teman Billy Bereaksi

Pelaku Tidak Berniat Menusuk Korban Tepat di Dada

“Kami akan melakukan observasi bagaimana pangsa pasar di Tabalong, peluang yang paling besar adalah untuk rute Warukin – Banjarmasin yang nantinya akan dilanjutkan dengan penerbangan tujuan lainnya,” ujarnya.

Namun pihaknya masih akan melakukan observasi lagi apakah ada rute yang lebih berpeluang. Untuk armada juga telah tersedia tinggal melaporkan kepada Lion Air Pusat. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved