Berita Kalteng

Kalteng Masih Kekurangan 2.000 Guru Agama, Kemenag Hanya Dapat Kuota 51 Orang

Kementerian Agama Kalimantan Tengah tahun ini melakukan perekrutan pegawai negeri sipil sebanyak 51 orang, berdasarkan kuota yang diberikan oleh

Kalteng Masih Kekurangan 2.000 Guru Agama, Kemenag Hanya Dapat Kuota 51 Orang
tribunkalteng.co/fathurahman
Wakil Ketua DPRD Kalteng, Hj Faridawaty Darland Atjeh 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kementerian Agama Kalimantan Tengah tahun ini melakukan perekrutan pegawai negeri sipil sebanyak 51 orang, berdasarkan kuota yang diberikan oleh Kemenag RI untuk ditempatkan di daerah se Kalteng.

Kepala Kantor wilayah kementerian Agama Kalteng, H. Masrawan menyebut Kalteng kekurangan 2.000 guru agama untuk memenuhi sekolah baik dikelola Dinas Pendidikan Provinsi maupun Kementerian Agama se Kalteng.

Dia mengatakan, guru agama yang diperlukan, tersebut selain Guru Agama Islam juga guru agama lainnya, seperti Hindu, Budha maupun Kristen Protestan dan guru agama Katolik.

Dulu Heboh Video Syur Ariel NOAH, Cut Tari Kini Akan Menikahi Aktor Tampan Ini, Luna Maya Nyusul?

Postingan Krisdayanti Pasca Raul Lemos Bicara Perceraian, Ibu Aurel Hermansyah Disorot Adik Ahok BTP

Heboh, Tak Bayar Utang Ibu dan 2 Anak Ini Digembok Debt Collector, Listrik dan Air Dimatikan

"Kalteng memang masih banyak perlu guru agama karena tahun ini Kemenag Kalteng diberikan kuota sebanyak 51 formasi CPNS, hanya 30 yang guru," ujarnya.

Dikatakan, pemenuhan guru agama bukan hanya tanggungjawab kementerian agama, tetapi termasuk sekolah yang berada di bawah Dinas Pendidikan.

"Minimal satu jenjang tingkatan SD/MI, SMP/MTSn, SMA/SMK/MA mempunyai satu guru agama di sekolah tersebut. Ini baru sekolah negeri belum lagi sekolah swasta," ujarnya.

Dikatakan, secara umum kementrian agama untuk tahun 2020 Kalteng mendapat kuota penerimaan 51 orang , sedangkan data CPNS yang akan direkrut se Indonesia mencapai 5.000 orang.

"Tapi tiap tahun diperkirakan akan ada penerimaan CPNS untuk guru agama," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kalteng Koordinator Komisi (III) bidang pendidikan, Hj Faridawaty Darland Atjeh, Selasa (26/11/2019) mengungkapkan, pihaknya berharap tenaga guru agama diperbanyak untuk peningkatan rohani kalangan siswa.

"Ini penting, sebagai upaya memberikan pengertian soal toleransi beragama, agar remaja kita makin baik dalam hal pemahaman agama dan akhlak serta budi pekerti yang baik bermasyarakat dengan menjunjung tinggi kebersamaan dan toleransi," ujar mantan Ketua KPU Kalteng ini.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved