Berita Jakarta

Tito Karnavian Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri, Bisa Cetak KTP, KK, hingga Akta Kelahiran

Kemendagri meluncurkan anjungan dukcapil mandiri ( ADM) di Discovery Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara pada Senin (25/11/2019) malam.

Tito Karnavian Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri, Bisa Cetak KTP, KK, hingga Akta Kelahiran
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN
Petugas mengujicoba penggunaan mesin pembaca chip e-KTP (card reader) di Kementerian Dalam Negeri, Rabu (8/5/2013). Kementerian Dalam Negeri menghimbau kepada seluruh instansi pemerintah dan perbankan untuk menyediakan card reader e-KTP, sebab terhitung sejak 1 Januari 2014 KTP non elektronik tidak berlaku lagi. Selain itu e-KTP juga tidak boleh difotocopy karena dapat merusak chip.

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Demi mempermudah layanan publik, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan anjungan dukcapil mandiri ( ADM) di Discovery Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara pada Senin (25/11/2019) malam.

Dilansir dari Kompas.com, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, ADM ini membuat warga bisa mencetak berbagai kartu identitas yang dikeluarkan Dukcapil secara mandiri.

"ADM bisa mencetak KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KK, dan lain-lain dalam hitungan menit," kata Tio seusai peresmian, Senin malam.

Tito menjabarkan, ADM dapat mempermudah layanan publik di Dukcapil yang selama ini terbilang sulit.

Setahun Bolak-balik Urus KTP El di Dukcapil Kecamatan Banjarmasin Tengah, Ini Alasannya

Keanehan Tangan Ashanty Saat Tenteng Tas Mewah Pasca Keluar RS, Istri Anang Hermansyah Disorot

4 Aktivitas yang Wajib Dilakukan Saat Bangun Pagi Agar Fit Sepanjang Hari

BREAKING NEWS : Operator SPBU Lianganggang Banjarbaru Tewas di Tangan Rekan

Saat meresmikan ADM tersebut, Tito mendemonstrasikan pembuatan KTP dengan alat tersebut. Ia tampak menginput beberapa data ke anjungan tersebut.

"Tadi saya sudah coba sendiri, lebih kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan dengan cepat, ini terobosan bagus," tutur Tito.

Ia lantas mendorong agar Dukcapil di setiap daerah bisa mengadakan ADM tersebut. Selain mempermudah, program tersebut bisa mengurangi potensi korupsi.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah menyebutkan ADM ini sudah masuk dalam katalog sehingga sudah bisa dipesan oleh masing-masing pemerintah daerah.

"Sudah kita letakkan di E-Katalog. Jadi lelangnya melaluo e-katalog, daerah silahkan beli," ucap Zudan.

Penulis Jimmy Ramadhan Azhari/Kompas

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anjungan Dukcapil Mandiri Diluncurkan, Bisa Cetak Sendiri KTP, KK, hingga Akta Kelahiran",

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved