Ledakan di Liang Anggang

Dampak Ledakan, 7 Kaca Masjid Assholaha Hancur, Musala Darul Ilham, Plafon, Jendala dan Piring Pecah

Warga Desa Handil Kandangan dan Desa Handil Papuyu Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar sempat dibuat panik suara ledakan yang cukup keras, Rabu (27/11)

Dampak Ledakan, 7 Kaca Masjid Assholaha Hancur, Musala Darul Ilham, Plafon, Jendala dan Piring Pecah
banjarmasinpost.co.id/aya sugianto
Musala Darul Ilham, Gambut terkena dampak ledakan. Tiang retak, plafon jebol, kaca jendela dan sejumlah piring pecah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, GAMBUT - Warga Desa Handil Kandangan dan Desa Handil Papuyu Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar sempat dibuat panik suara ledakan yang cukup keras, Rabu (27/11/2019) siang.

Warga tidak mengetahui asal muasal bunyi ledakan. Memang sehari sebelumnya, Selasa (26/11) siang warga juga mendengar bunyi ledakan sekira pukul 14.00 Wita, tapi tidak terlalu keras.

"Hari ini,  ada terdengar dua kali ledakan pertama pukul 14.30 Wita dan yang kedua pukul 15.30, ujar salah seorang warga Desa Handil Papuyu, Armain. M

Menurut dia ledakan yang kedua terdengar cukup keras sehinngga sebagian warga sempat panik dan keluar rumah karena kaget.

Ledakan kedua cukup keras membuat tujuh lembar kaca jendela ukuran besar Masjid Assholaha di RT 1, Jalan Kayu Bawang, Desa Handil Kandangan, Kabupaten Gambut pecah berantaka. 

BREAKING NEWS : Terdengar Suara Ledakan di Landasan Ulin Banjarbaru, Warga Mengira Gempa

Suara Ledakan di Landasan Ulin, Kaca Mesjid di Handil Kandangan Kabupaten Banjar Sampai Pecah

Ini Penjelasan Kabid Humas Polda Kalsel Soal Suara Ledakan Keras di Lianganggang & Landasan Ulin

Kantor Percetakan PT GWK Ikut Bergetar Saat Terdengar Suara Ledakan di Liang Anggang, Karyawan Panik

Ketua RT 1, Handil Kandangan H Napili juga mengaku tidak mengetahui asal bunyi ledakan. "Tiba-tiba saja terdengar suara seperti ledakan bom sehingga ada tujuh buah kaca jendela masjid didesa kami pecah, ujarnya.

Tujuh kaca di Masjid Assholaha Guntung Papuyu Gambut pecah akibat ledakan, Rabu (27/11/2019).
Tujuh kaca di Masjid Assholaha Guntung Papuyu Gambut pecah akibat ledakan, Rabu (27/11/2019). (banjarmasinpost.co.id/aya sugianto)

Tidak hanya di Desa Handil Kandangan, di desa tetangga mereka juga terdampak kerusakan seperti. Di Desa Guntung Papuyu RT 4 , musala Darul Ilham mengalami kerusakan. Kaca jendela juga pecah, ada tiang yang telihat retak-retak dan plafon jebol.

Norhayati, warga Guntung Papuyu mengungkapkan keras sekali bunyi ledakannya, sampai-sampai beberapa lusin piring milik musala Darul Ilham yang habis dipakai acara maulid pecah karena tertimpa kaca musala yang jatuh akibat bunyi ledakan. "Padahal ibu-ibu baru saja selesai melaksanakan acara maulidan di musala," ujar Norhayati.

Ketua RT 4, Guntung Papuyu Mulkani mengungkapkan, musala Darul Ilham mengalami kerusakan yaitu, beberapa kaca jendela, tiang yang retak dan piring milik musala banyak yang pecah.

"Harapannya musala sebagai tempat ibadah didesa kami ada yang bertanggung jawab dan bisa diperbaiki," ujar Mulkani. (Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto)

Penulis: Aya Sugianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved