Berita Kabupaten Banjar

Musim Hujan Tiba Jalanan Kerap Licin Bahayakan Pengendara, Begini Saran Galuh Cantik Ini

Wakil II Galuh Banjar 2019 Kabupaten Tanahlaut ini berharap pemerintah menambah PJU di tempat-tempat yang gelap dan PJU yang tak berfungsi diganti.

Musim Hujan Tiba Jalanan Kerap Licin Bahayakan Pengendara, Begini Saran Galuh Cantik Ini
ist/firda regita cahyani
Firda Regita Cahyani, SMAN 1 Bati-bati Tanahlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Setelah lama dinanti, musim penghujan akhirya datang juga. Di beberapa tempat curah hujan cukup tinggi bahkan mulai sering terjadi. Masyarakat pun lega karena tak kesulitan lagi mencukupi kebutuhan air bersih.

Namun di balik itu saat bepergian pada musim penghujan menjadi kerap terhalang. Lebih dari itu juga memunculkan kerawanan tersendiri karena badan jalan menjadi licin sehinga ban kendaraan bermotor mudah slip atau tergelincir.

Terutama saat malam, kerawanan berkendara makin menjadi. Pasalnya, cahaya lampu kendaraan bermotor menjadi meredup lantaran terserap oleh aspal yang basah. Apalagi jika di sekitarnya minim fasilitas penerangan jalan umum (PJU).

"Saat penghujan berkendara memang mesti lebih ekstra hati-hati karena jalanan menjadi licin, lebih-lebih saat malam yang suasananya gelap," ucap Firdha Regita Cahyani, Rabu (27/11/2019).

Kantor Percetakan PT GWK Ikut Bergetar Saat Terdengar Suara Ledakan di Liang Anggang, Karyawan Panik

Kadis LH Tabalong Rowi Minta Kerusakan Lingkungan Akibat Batu Bara di Haruai Harus Diperbaiki

Bupati Ansharuddin Canangkan Tujuh Desa di Balangan Sebagai Desa Layak Anak

Wakil II Galuh Banjar 2019 Kabupaten Tanahlaut ini berharap pemerintah menambah PJU di tempat-tempat yang gelap. Sementara itu PJU yang tak berfungsi atau lampunya mati, diharapkan bisa segera diganti dengan yang baru.

Begitu halnya terhadap rambu-rambu lalu lintas, menurut gadis berlesung pipit ini, juga penting diperhatikan. Dengan begitu pengendara mendapat panduan yang memadai selama berada di jalanan.

Pantauan di lapangan, jalur jalan poros di Kalimantan Selatan memang masih banyak tempat yang minim rambu dan penerangan jalan. Seperti pada jalan poros menuju arah Pelaihari dan arah Batulicin maupun arah ke Banua Enam.

Penyanyi panggung ini juga berharap kalangan pengendara selalu meningkatkan kehati-hatian saat berkendara. Pandangan fokus ke depan dan memperhatikan secara seksama rambu-rambu lalu lintas serta memastikan diri tidak mengantuk.

"Kalau tidak penting lebih baik di rumah aja. Intinya harus selalu berhati-hati, apalagi untuk anak cewek, bahaya sekali keluar malam sendirian," tandas Firdha.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved