Berita Kaltim

SKK Migas dan KKKS Areal Kalsul Gelar Latihan Bersama Hadapi Tumpahan Minyak

Untuk menghadapi kesiapan jika ada kejadian tumpahan minyak (oil spill) di perairan, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak

SKK Migas dan KKKS Areal Kalsul Gelar Latihan Bersama Hadapi Tumpahan Minyak
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
latihan gabungan tumpahan minyak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Untuk menghadapi kesiapan jika ada kejadian tumpahan minyak (oil spill) di perairan, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) areal Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan Penanggulangan Tumpahan Minyak, Rabu (27/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung di ballroom Borneo di Hotel Novotel Balikpapan ini diikuti para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) areal Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) dan juga stakeholders lainnya seperti KSOP, Basarnas, Lanal dan lainnya.

Manajemen Mubadala Petroleum Operation Advisor, Anthony Storer dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran semua peserta dan berterima kasih kepada SKKMigas atas kegiatan ini.

Kata Dendam Disebut Agnez Mo Pasca Tak Berdarah Indonesia, Sentil Nikita Mirzani & Hotman Paris?

Mirip Sakit Olga, Ashanty Bicara Soal Disuntik di Kepala, Istri Anang Hermansyah Curhat Sakitnya

Bukan Artis! Calon Suami Ayu Ting Ting Dibahas, Kans Robby Purba, Shaheer Sheikh, Didi & Igun Pupus?

"Latihan ini sangat penting," ucapnya dalam bahasa Inggris.

Kepala Divisi Penunjang Operasi Keselamatan Minyak dan Gas Bumi (POKMG) Bagus B Edvantoro mengungkapkan kegiatan hari ini antara lain penandatanganan protap dan latihan gabungan melawan tumpahan minyak di laut.

Menurutnya penanggulangan tumpahan minyak supaya tumpahan minyak bisa dilakukan secara terorganisasi dan saat ini dibentuk di delapan area dari Aceh sampai Meurauke.

"Penanggulangan tumpangan minyak harus saling koordinasi dengan stakeholders setempat, KSOP, Basarnas, KLH, kita review dan perbaiki terus sesuai perkembangan di lapangan," paparnya.

Ditambahkannya semua pihak harus siapkan kesiagaan untuk melawan tumpahan minyak atau 'perang' terhadap tumpahan minyak sampai ke darat dan kecepatan semua pihak terlibat.

Menurutnya kesiapan prosedur, peralatan, personel, tapi jika tak disertai latihan maka tak bisa berjalan dengan baik.

Pada hari ini nantinya akan dilaksanakan latihan table top dan weet driil, uji personel, peralatan dari sisi operasi dan jalur operasi.

"Tumpahan minyak di Balikpapan dan Laut Jawa kemarin merupakan pembelajaran yang berharga, otomatis harus siapkan kesiagaan tumpahan minyak. Ada pembelajaran terkait alur komunikasi," ucapnya.

Latihan gabungan ini sangat bermanfaat bagi semua pihak dan sebagai pembelajaran.

"Walau tak diharapkan tapi jika ada kejadian kita harus siap, dan latihan berjalan lancar dan aman, dan evaluasi protap yang akan ditindaklajuti," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved