Berita Banjarmasin

Dinas Tenaga Kerja Banjarmasin Minta Ribuan Perusahaan Tiru BUMN Untuk Bentuk Serikat Pekerja

Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Banjarmasin mengingatkan ribuan perusahaan swasta di kota ini untuk segera membentuk serikat pekerja

Dinas Tenaga Kerja Banjarmasin Minta Ribuan Perusahaan Tiru BUMN Untuk Bentuk Serikat Pekerja
Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Noorbiansyah Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Banjarmasin 

BANJARMASIPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Banjarmasin mengingatkan ribuan perusahaan swasta di kota ini untuk segera membentuk serikat pekerja sesuai UU No 21 Tahun 2000 tentang kebebasan berserikat baik untuk buruh atau pekerja.

“Seharusnya sebanyak 1.400 perusahaan di kota ini tidak mau kalah dengan badan usaha milik negara (BUMN) yang sudah lama mempunyai serikat pekerja. Iya banyak sekali BUMN yang sudah sejak lama punya serikat pekerja. Masak, perusahan-perusahaan swasta di Banjarmasin itu kalah,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Banjarmasin, Noorbiansyah, Kamis (28/11/19).

Menurut Noorbiansyah, keberadaan serikat pekerja itu sudah diatur secara jelas di dalam UU No 21 Tahun 2000 tentang kebebasan berserikat baik untuk buruh atau pekerja. Dengan keberadaan serikat pekerja, maka komunikasi antara pengusaha dengan pekerja itu bisa jalan.

500 Perusahaan di Kalsel Belum Mau Membentuk Serikat Pekerja karena Takut Dirongrong Buruh

Unjuk Rasa BEM dan FSPMI di DPRD Kalsel, Firman : Tidak Keberatan Anggota DPRD Disebut Tukang Pos

“Bahkan saya lihat serikat pekerja BUMN itu sering outbound bareng keluarga karyawan. Ini perusahaan swasta jarang sekali outbound,” katanya.

Noorbiansyah mengingatkan keberadaan serikat pekerja itu bukan saingan dan musuh perusahaan, namun merupakan media untuk menjalin komunikasi pengusaha dengan pekerja agar perusahaan bisa berjalan harmonis.

“Ke depanya, kita akan membuat program sosialisasi kepada semua perusahaan di Banjarmasin untuk segera membentuk serikat pekerja. Seharusnya, perusahaan punya karyawan mencapai 50 orang itu punya serikat pekerja,” katanya. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved