Berita Banjarbaru

Himafarma Avi Cenna Bina Desa Farmasi di Batu Ampar Banjarbaru, Berikan Edukasi Hingga Baksos

Himafarma Avi Cenna Prodi Farmasi, Fakultas MIPA ULM aktif melakukan pembinaan Desa Farmasi di Batu Ampar Cempaka Banjarbaru

Himafarma Avi Cenna Bina Desa Farmasi di Batu Ampar Banjarbaru, Berikan Edukasi Hingga Baksos
istimewa/Himafarma Avi Cenna
Mahasiswa Himafarma Avi Cenna menggelar pengobatan gratis di Batu Ampar yang menjadi lokasi bina farmasi 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU-Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himafarma) Avi Cenna Prodi Farmasi, Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM) aktif melakukan pembinaan Desa Farmasi di
Dusun Batu Ampar, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.

Mahasiswa Farmasi FMIPA ULM berinisiatif melakukan gerakan nyata kepada masyarakat yaitu terjun langsung ke Dusun Batu Ampar agar dapat menjadi jembatan perubahan masyarakat di bidang kesehatan ataupun di bidang ekonomi.

Berbagai kegiatan edukasi dan bakti sosial dilakukan oleh Himafarma Avi Cenna melalui program kerja tahunan dari departemen hubungan dan pengabdian masyarakat Himafarma Avi Cenna di Desa Farmasi ini.

Seperti belum lama tadi, berbagai kegiatan di Desa Farmasi dilakukan, mulai dari kegiatan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat yang berada di Dusun Batu Ampar hingga bakti sosial.

Klasemen SEA Games 2019 Jelang Live Streaming Timnas U-23 Indonesia vs Singapura via RCTI & TVRI

Musda Pertama Para Desainer Kalsel, Fahmi Refa Terpilih Jadi Ketua APPMI Kalsel

Pemicu Tagar #SandhySondoroCabul Trending di Twitter, Sandhy Sondoro Langsung Bereaksi Begini

Diteror Anak Istri Tua, Istri Kedua Limbat Minta Cerai, Kondisi Benazir Endang Mirip Mulan Jameela

"Materi KIE yang disampaikan yakni tentang perilaku hidup bersih dan sehat
(PHBS)," kata Muhammad Maulana Akhirullah, Kamis, (28/11).

Mahasiswa semester tiga ini mengatakan bahwa KIE dilakukan dengan langsung mendatangi rumah-rumah masyarakat.

"Kegiatan KIE melibatkan mahasiswa Farmasi FMIPA ULM angkatan 2019 dalam penyampaian kepada masyarakat," lanjutnya.

Masyarakat juga diberi kuisioner tentang bagaiamana mareka memahami materi tentang PHBS dan harapan masyarakat untuk acara Desa Farmasi di tahun depan.

"Mayoritas masyarakat sudah paham tentang bagaimana tentang perilaku hidup bersih dan sehat, kemudian masyarakat juga berharap tahun depan Desa Farmasi tetap dilaksanakan dan masyarakat juga mengapresiasi kegiatan Desa Farmasi pada tahun ini," ujarnya.

Selain itu, ada kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan di Pondok Pesantren Dusun Batu Ampar, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.

"Untuk kegiatan pengobatan gratis berkolaborasi dengan Puskesmas Cempaka dan PIO-LM. Kegiatan cek kesehatan diikuti dengan antusias oleh warga," ujarnya lagi.

Dengan melakukan kegiatan itu, pihaknya berharap sebagai mahasiswa dapat melatih kemampuan serta keterampilan dalam berinterikasi dengan masyarakat dalam organisasi.

Himafarma Avi Cenna disebutkannya memberi wadah agar mahasiswa dapat melatih softskill. Tentunya sebagai seorang mahasiswa dituntut akan memiliki kemampuan serta keterampilan untuk berinterikasi dan berkomunikasi dengan masyarakat dan bisa berkontribusi nyata kepada masyarakat.

Pandai Lantunkan Pop dan Dangdut, Devie Juga Spesialis Lagu Mandarin

Peduli Makam Al Khairat Terbentuk, Lacak Jejak Nenek Moyang Meski Harus Lakukan Hal Ini

Runyamnya Rumah Tangga Syahrini & Reino Barack Dikulik, Incess Sampai Sebut Musyrik, Soal Luna Maya?

Disebutkanya bahwa Desa Farmasi 2019 diselenggarakan sejak Mei hingga November 2019 yang diselenggarakn oleh Mahasiswa Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat yang tergabung dalam Himafarma Avi Cenna dan Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia.

Sebelumnya juga sudah ada kegiatan pemanfaatan tanaman toga dan praktek pembuatan bubur tolak angin, jamu dan simplisia, lomba kaligrafi, lomba adzan, lomba memasak bubur tolak angin dan cek golongan darah (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved