Haul ke 15 Sekumpul

Jamin Kamtibmas Selama Haul ke-15 Guru Sekumpul, Reskrim Banjar Buka Layanan Ini

Berbagai persiapan terus dilakukan guna menyukseskan haul ke-15 Guru Sekumpul, Maret 2020 mendatang.

Jamin Kamtibmas Selama Haul ke-15 Guru Sekumpul, Reskrim Banjar Buka Layanan Ini
Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan
Haul ke-13 Guru Sekumpul benar-benar jadi magnet. Meski hujan jamaah haul guru sekumpul mashi begitu antusias, bahkan hingga masuk dalam area Q Mall. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Berbagai persiapan terus dilakukan guna menyukseskan haul ke-15 Guru Sekumpul, Maret 2020 mendatang. Tak cuma dari Pemerintah Kabupaten Banjar, tapi juga Kepolisian Resort (Polres) Banjar.

Seluruh kesatuan akan bergerak. Setelah Satuan Lalu Lintas merancang rekayasa pengaturan lalu lintas hingga penerapan drive thru untuk pembagian makanan gratis kepara para jemaah, Satuan Reserse dan Kriminalitas (Reskrim) juga melakukan terobosan tersendiri.

"Kami akan membuka layanan Kring Serse. Ini tujuannya untuk memonitoring tingkat kerawanan di wilayah hukum Banjar. Melalui layanan itu, masyarakat dapat secara mudah menyampaikan infomasi," ucap Kasat Reskrim Iptu Muhammad Rizky Fernandes, Kamis (29/11/2019).

Pihaknya akan menggelar kegiatan preventif dan pre-emtif guna memantau daerah atau lokasi-lokasi yang dinilai rawan terjadi tindak kejahatan atau kriminalitas.

Ini Tanggapan Tetangga Terkait Keseharian Nasrudin di HST, Mengaku Rasul, Salat Jumat Tak di Masjid

Ahok Gagal Pimpin Pertamina Disebut Sosok Bukan Veronica Tan, Nasib BTP & Puput Nastiti Devi Dibahas

Segera Dilaunching, Ini Penampakan RSUD Kintap

500 Perusahaan di Kalsel Belum Mau Membentuk Serikat Pekerja karena Takut Dirongrong Buruh

Rizky mengatakan melalui kelak saat momen haul tiap anggota Reskrim memiliki wilayah-wilayah yang harus dikuasai. Sekaligus bertugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya secara bersama-sama menjaga kamtibmas.

"Melalui Kring Serse itu dengan jumlah personel yang sedikit dapat mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati lagi menjaga barang dan harta benda lain-lain,” tandasnya.

Ia akan mengupayakan personel turun secara penuh, baik dari Polres maupun dari polsek. Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Bagian Operasional Polres Banjar untuk membuat rencana pengamanan yang akan dilakukan gelar pasukan dari satuan-satuan lainnya.

Khusus untuk Satreskrim, sebutnya, akan menerapkan langkah refresif atau penindakan tegas terhadap pelaku kejahatan yang beraksi pada acara haul. Pasalnya tindakan seperti itu akan mengganggu kekyusukan ibadah jemaah.

Selain itu, melalui perintah Kapolres Banjar, Satreskrim akan melakukan gelar pasukan untuk seluruh personel turun ke lapangan.

Kasat Reskrim Polres Banjar, Iptu Muhammad Rizky Fernandes
Kasat Reskrim Polres Banjar, Iptu Muhammad Rizky Fernandes (banjarmasinpost.co.id/ idda royani)

“Memang banyak persiapan yang harus kita persiapkan, terkait kerawanan-kerawanan yang muncul dari analisa dan evaluasi tahun lalu banyak kriminalitas," tandasnya.

Karena itu pada haul ke-15 kelak upaya pengamanan secara maksimal akan lebih dimantapkan. "Kepan kita pasti akan meminimalisasi semua kerawanan, seperti pungli serta pencurian terutama curanmor,” ucapnya.

Diakuinya tidak mungkin polisi mampu meniadakan tindak kejahatan. Pasalnya tiap ada momen, apalagi yang bersifat besar selalu memunculkan kerawanan kriminalitas karena banyak konsentrasi massa.

LINK Live Streaming TV Online UseeTV Timnas U-23 Indonesia vs Singapura, Live RCTI & TVRI SEA Games

Dugaan Ajaran Sesat di HST, Pengikut Nasrudin Mengaku Dibaiat, Bacaan Salat Bahasa Indonesia

Beratnya Hidup Sarwendah Jadi Istri Ruben Onsu Diungkap, Ibu Betrand Peto Sebut Hal Ini

Namun pihaknya akan berusaha untuk meminimalisasinya.

“Tindak pidana kerap muncul pada event-event besar seperti itu, namun kita akan berusaha sekuat tenaga untuk melakukan cipta kondisi sehingga para pelaku kejahatan tak memilik ruang gerak yang bebas," sebutnya.

Kalangan warga Banjar berharap semua pihak bahu-membahu demi kelancaran, ketertiban, dan kamtibmas selama pelaksanaan haul. "Insha Allah nanti makin banyak lagi jemaah yang datang sehingga semua elemen mesti bahu-membahu menjaga kelancaran haul," ucap Rahmat, warga Martapura. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved