Berita Kaltim

Latihan Gabungan Sukses, Petugas SKK Migas dan KKKS Areal Kalsul Berhasil Lakukan Oil Boom di Laut

Latihan yang diikuti puluhan orang dari berbagai pihak terkait yang berlangsung di perairan laut sekitar areal Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT).

Latihan Gabungan Sukses, Petugas SKK Migas dan KKKS Areal Kalsul Berhasil Lakukan Oil Boom di Laut
mubadala petroleum
Kegiatan latihan petugas gabungan melaksanakan oil boom di laut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Latihan gabungan Penanggulangan Tumpahan Minyak (PTM) di perairan yang dilakukan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) areal Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) yang berlangsung, Kamis (28/11/2019) pagi hingga siang berlangsung sukses dan lancar.

Latihan yang diikuti puluhan orang dari berbagai pihak terkait yang berlangsung di perairan laut sekitar areal Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) Balikpapan Kalimantan Timur ini menurunkan tiga kapal dan sukses mencegah tumpahan minyak melebar .

Pada skenario kejadian ini, begitu ada kapal tanker meledak dan minyak tumpah di laut petugas setelah melakukan koordinasi bergerak ke lokasi.

Pada kegiatan ini tiga kapal diturunkan dan melakukan tindakan melakukan penggelaran oil boom atau tindakan pertama yang dilakukan ketika terjadinya tumpahan minyak.

Oil boom ini untuk melokalisir dan mencegah minyak menyebar dan mencemari areal lebih luas.

Unjuk Rasa BEM dan FSPMI di DPRD Kalsel, Firman : Tidak Keberatan Anggota DPRD Disebut Tukang Pos

Pedagang Berharap Lantai dua Pasar Barunak Juga Difungsikan Agar Pasar Kuliner Ramai Pembeli

Pameran Kewirausahaan, UMB Jajaki Pinjaman Tanpa Bunga dengan Perbankan Syariah

Senior manager HSSE dan aset integrity Mubadala Petroleum Indonesia, Widi Hernowo, Kamis (28/11/2019) siang mengungkapkan kegiiatan hari ini adalah simuasi penggelaran oil boom .

"Allhamdulillah,simulasi kegiatan oil boom hari ini berjalan aman dan tidak ada kecelakaan dalam latihan begitu pula pada peralatan dan hal itu yang paling penting bagi kita Mubadala Petroleun yang juga anggota di areal 6," paparnya seraya mengatakan bahwa tujuan latihan ini sudah tercapai.

Untuk kapal yang mereka gerakkan yakni tiga kapal yakni Kapl AHTS bernama Ambar, satu kapal Teluk Bajau Sejati dan dan Peacock Tiga. Dimana masing-masing mereka letakkan personil untuk AHTS Ambar ada 36 orang.

"Ini adalah kapal utama karena di kapal ini lah tim responder yakni tim yang menggelar oil boom berada dan ada 26 orang di kapal Bajau Sejati, dan kapal ini berperan penting karena untuk menbentuk J ship dari oil boom dan di tugboat Peacock ada 32 orang yang membantu kita mengamati proses oil boom ," ucapnya.

Di Peacock Tiga ini diharapkan berikan masukan-masukan karena nantinya latihan ini tidak berhenti disini dan insyaallah di tahun berikutnya akan kembali dilakukan.

Pertama Kali Digelar, Seminar Olahraga di Kalsel Ini Hadirkan Empat Pembicara dari Empat Benua

Kapolsek Berangas Batola Minta Kendaraan Anggotanya Berkaca Spion Lengkap, Ini Tujuannya

"Karena ini salah satuu ketentuan yang harus kami penuhi dari Kementerian Perhubungan yang mana kami harus lakukan latihan berkala," jelasnya.

Pihak-pihak yang dilibatkan selain dari SKK Migas dan KKKS areal Kalsu yakni KSOP baik KSOP dari Kotabaru, KSOP Balikpapan dan juga melibatkan Lanal Kotabaru juga. Ini karena Mubadala Petroleum memiliki lokasi anjungan minyak berada di wilayah Lanal Kotabaru.

Sedangkan karena tempat latihan di perairan laut Balikpapan maka pihaknya undang Lanal Balikpapan dan karena keduany di bawah koordonasi Lantamal XIII Tarakan maka pihaknya juga mengundang pihak Lantamal XIII Tarakan.

"Dan perwakilan dari semua Lanal dan Lantamal ikut menyaksikan kegiatan pelatihan ini dan juga perwakilan KSOP," ucap Widi.(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved