Ekonomi dan Bisnis

Produk Bursa Berjangka Alternatif Bagi Investor Banua, Segmen Investor Didominasi Pengusaha

Pilihan instrumen investasi kini kian beragam, di antaranya industri perdagangan berjangka sebagai alternatif bagi para investor di Banua.

Produk Bursa Berjangka Alternatif Bagi Investor Banua, Segmen Investor Didominasi Pengusaha
banjarmasinpost.co.id/mariana
Pemaparan materi sosialisasi produk bursa berjangka oleh Bestprofit Futures 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pilihan instrumen investasi kini kian beragam, di antaranya industri perdagangan berjangka sebagai alternatif bagi para investor di Banua.

Bursa berjangka sendiri adalah memperdagangkan sebuah kontrak berjangka (futures) atas sejumlah komoditas dan foreign exchange (forex) atau valuta asing (valas).

Produk bursa berjangka berupa perjanjian penukaran pembayaran yang ditransaksikan dengan nilai pergerakan berasal dari produk acuan pokok yakni berupa komoditi.

Pimpinan Cabang PT Bestprofit Futures (BPF) Banjarmasin, Adriyanto Papuke menjelaskan, Produk emas yakni locogold masih mendominasi portfolio dari pilihan investasi nasabah. Hal ini sebab, masyarakat Banjarmasin lebih minat dengan emas. Selain itu, tren locogold di pasar global juga tengah naik.

Waspada, Ini 8 Tanda Awal Serangan Jantung Bisa Bawa Kematian, Mulai Kelelahan hingga Sakit Dada

Royal Woodpark Residences Luncurkan Greed Wood Extantion Type 52, Ini Fasilitas yang Didapatkan

Simpan 14 Ribu Carnophen, Dua Lelaki Ini Digelandang ke Polda, Satu Dicari

"Segmen nasabah di Kalsel untuk produk investasi berjangka, masih didominasi segmen profesional dan pengusaha. Dari sisi umur rata-rata di usia 35 tahun ke atas, sementara untuk gender mayoritas masih laki-laki," paparnya di sela kegiatan sosialisasi dan konferensi pers bursa berjangka, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, Kalsel merupakan pasar yang menjanjikan bagi perkembangan perdagangan berjangka komoditi. Tidak hanya Banjarmasin, pihaknya gencar sosialiasasika ke semua kabupaten/kota terutama Tabalong dan Kotabaru.

Pertumbuhan investor baru kisaran 20-30 persen YoY. Dalam membidik nasabah, tim broker dan Wakil Pialang Berjangka BPF dibekali pengetahuan Know Your Customer dengan kemampuan finansial dan pengetahuan di perdagangan berjangka.

Dalam meningkatkan pelayanan, BPF disempurnakan oleh fasilitas layanan Sistem Informasi Transaksi Nasabah (Sitna) dari PT Kliring Berjangka Indonesia dan PT Bursa Berjangka Jakarta. Melalui Sitna, setiap transaksi kontrak berjangka yang tercatat di bursa berjangka dapat dipantau oleh nasabah kapanpun dan dimanapun.

Suasana pemaparan materi sosialisasi produk bursa berjangka oleh Bestprofit Futures
Suasana pemaparan materi sosialisasi produk bursa berjangka oleh Bestprofit Futures (banjarmasinpost.co.id/mariana)

"Januari-September 2019 mengantongi pertumbuhan volume transaksi sebesar 7,39 persen, menjadi 52,336 lot dibandingkan hingga akhir September 2018 sebanyak 48.735 lot. Meskipun jadi tantangan tersendiri bagi kami dalam mengubah imej negatif BPF kepada masyarakat, yang terpenting adalah kami perusahaan pialang legal terdaftar di Bursa Berjangka diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah Kementerian Perdagangan (Kemendag)," tandasnya.

9 Produk Unggulan Rucika Raih Green Label Indonesia Level GOLD, Simak Ini Produknya

Fakta Sebenarnya Agnez Mo Tak Berdarah Indonesia Diungkap Pakar, Nikita Mirzani Ikut Tersentil?

Dalam acara konferensi pers yang dihelat di Golden Tulip Galaxy Hotel, juga diberikan materi mengenai seluk beluk bursa berjangka dan lomba trading bagi jurnalis.

Turut hadir pemateri Risk Management Officer Kliring Berjangka Indonesia Perser, Makmun Akhmad Kasim, Research & Development Jakart Future Exchange, Putri Maya Sulistiani, Wakil Pialang Berjangka, Akhmad Dama. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved