Ekonomi dan Bisnis

Costumer Jasa Laundry Sepatu Meningkat 15 Persen, Ada Promo Spesial di Akhir Tahun

Bisnis laundry sepatu semakin banyak di Banjarmasin dan sekitarnya. Menjelang akhir tahun, ada promo oleh pelaku bisnis ini.

Costumer Jasa Laundry Sepatu Meningkat 15 Persen, Ada Promo Spesial di Akhir Tahun
Istimewa/Alfian Rachmad Afriza.
Proses pengemasan sepatu yang sudah dicuci dan siap diantar ke costumer. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gaya hidup kaum milenial yang dinamis, membuat tumbuh dan berkembangnya peluang usaha yang digeluti anak muda. Di antaranya bisnis laundry sepatu yang semakin banyak di Banjarmasin dan sekitarnya.

Di penghujung tahun, grafik permintaan jasa cuci ini meningkat. Beragam penawaran spesial akhir tahun pun digeber bagi costumer.

Permintaan yang meningkat tersebut dirasakan Alfian Rachmad Afriza melalui bisnis laundry sepatu miliknya Streetshit yang sudah eksis sejak awal 2019 lalu.

"Peningkatan di fase akhir tahun customer kisaran 15 persen. Kami juga terus berinovasi untuk packaging, sebelumnya hanya plastik transparan sekarang sudah menggunakan kantongan zip yang lebih bagus kualitasnya," ungkapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Aditya-Iwansyah Serahkan Berkas Ke DPD PAN, Modal Empat Kursi Dari PPP Bikin Aditya Optimis

Pendaftaran CPNS di Tanah Laut Ditutup, Empat Formasi Tanahlaut Masih Kosong Pelamar

Sifat Asli Shaheer Sheikh Dibongkar Orang Dekat, yang Buat Ayu Ting Ting Jatuh Hati & Igun Cemburu?

Kepanikan Syahnaz Sadiqah Saat Bayar Tagihan Listrik Rumah Raffi Ahmad - Nagita Slavina, Mahal?

Selain tampilan kemasan lebih bagus, juga disertai bukti pembayaran dan stiker yang lebih bagus buat costumer.

Dia juga menggeber promo menarik selama masa akhir tahun, yakni promo cuci dua pasang sepatu hanya Rp 50.000 berlaku juga cuci empat pasang Rp 100.000.

Tarif normal yang ditawarkan bervariasi, untuk shallow clean atau cuci bagian luar seharga Rp 25.000, deep clean atau cuci bagian luar-dalam dipatok Rp 35.000, lalu ada unyellowing yakni memutihkan sol sepatu yang menguning Rp 25.000-50.000, reglue atau merekatkan kembali sol sepatu yang lepas seharga Rp. 25.000-Rp 50.000.

Jenis sepatu yang paling banyak gunakan jasa laundry ini adalah sneakers dan running shoes. Dari hasil bisnisnya, ada kenaikan sebesar 20 persen dari rata-rata omzet per bulan kisaran Rp 1,7 juta hingga Rp 2,5 juta.

Bisnis laundry sepatu dijalankan Alfian tanpa toko khusus, Di kediamannya kawasan Kertak Hanyar, costumer tidak perlu langsung datang karena order bisa dilakukan via online.

Selain itu, pihaknya juga menawarkan layanan gratis antar jemput tidak hanya di area Kota Banjarmasin, juga mencakup ke area Gambut, Landasan Ulin, Banjarbaru hingga Martapura.

Senada, jasa laundry sepatu lainnya Doctor Shoes Indonesia cabang Banjarmasin juga memberikan promo menarik kepada costumer di penghujung 2019.

"Tarif cuci sepatu luar ada promo saat ini mulai Rp 20.000 hingga 300.000 per treatment tergantung jenis sepatu. Selain itu cuci tas ditarif Rp 15.000-50.000, serta cuci topi Rp 10.000-300.000," urainya.

Jadwal Liga Inggris Siaran Langsung TVRI & Mola TV: Man City, Chelsea, Liverpool, MU, Arsenal Main

11 Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan, Cegah Cacat Janin Hingga Kurangi Risiko Stroke

Kalsel Peduli Salurkan Rp 10 Juta Buat Korban Kebakaran Sungai Bali

Berlokasi di Jalan Cemara, diakuinya cukup antusias para mahasiswa datang untuk laundry sepatu. Dalam sehari berkisar 10 pasang sepatu yang masuk orderan, sehingga rata-rata setiap bulan mendapatkan 300 sepatu.

Dalam satu bulan jenis sepatu yang paling banyak dicuci di tempatnya adalah sneakers. Disusul jenis lainnya seperti running shoes dan pantopel. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved